PEMBUKAAN ERAU ADAT KUTAI DIMERIAHKAN ENAM NEGARA ASING

Indcyber.com, Kutai Kartanegara – Enam negara asing, ikut memeriahkan pertunjukan seni dan budaya Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival 2018 di Kutai Kartanegara. Festival tersebut tak cuma menarik di tonton, namun juga menjadi ajang promosi serta peningkatan ekonomi kreatif masyarakat, dan upacara Adat tahunan itu dibuka langsung oleh Dupeti Pemasaran 1 Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, pada Minggu, 22/72018/.

Berbagai pertunjukan seni serta budaya ditampilkan, dalam pembukaan Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival (EIFAF) 2018 ini, upacara tahunan itu juga dimeriahkan ratusan para penari massal dari berbagai sekolah hingga sanggar tari di Kota Raja Tenggarong.

Erau sendiri, merupakan budaya yang bersumber dari tradisi Kesultanan Kutai Kartanegara, dan telah dilaksanakan sejak ratusan tahun lampau. Tidak hanya itu, dalam Erau kali ini enam negara asing juga menampilkan tari-tarian khasnya antara lain, tarian dari Hungaria, India, Mexico, Polandia, Rumania, Turki serta Indonesia sebagai tuan rumah.

Sebelum Erau adat digelar, ada ritual yang dilaksanakan oleh pihak Kesultanan Kutai Kartenegara, salah satunya mendirikan Tiang Ayu atau Sangkoh Pintu yang memiliki nilai spritual tersendiri. Selain itu, Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival yang sudah enam kali digelar ini, juga menjadi ajang ekonomi kreatif serta industri bagi masyarakat Kota Raja Tenggarong hingga sebagai promosi wisata di Kutai Kartanegara.(and)

69 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *