KPU Kubar Melantik 194 Ketua KPPS Sekaligus Gelar Bimtek Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Surat Suara.

Indcyber.com, SENDAWAR – Menuju 10 hari menjelang pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), melantik 194 ketua KPPS beberapa kecamatan dan sekligus menyelenggarakan Bimbingan Tekhnik (Bimtek) simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara pemilu 2019.

Kegiatan tersebut berlangsung pada Senin (8/4/2019) dihalaman KPU kubar dan diikuti PPK, PPS dan KPPS se-Kubar serta masyarakat sekitar KPU.

Ketua KPU Kubar Arkadius Hanye saat dikonfirmasi beberapa wartawan usai menyelengarakan Bimtek mengatakan, menuju 10 hari menjelang pemilu 2019 ini, secara tekhnis KPU saat ini lagi mempersiapkan diri khususnya bagi lembaga penyelengara ed-hoc seperti PPK, PPS dan juga KPPS.

Dikatakan Arkadius Hanye, karena kesalahan terjadi bisa berantai bisa juga human eror, atau kesalahan dari pada manusianya itu sendiri atau kurangnya pemahaman.

“ Mulai tanggal 7 April 2019 ini kita sudah mulai menyelenggarakan Bimtek, mulai dari penghitungan serta rekapitulasi hasil pemungutan surat suara,” kata Arkadius Hanye.

Tujuannya adalah untuk keseragaman PKK se-Kubar mulai dari kebijakan, peraturan dan juknis penghitungan surat suara, agar semua PPK mempunyai pemahaman yang sama, dan rekapitulasi ditingkat PPK sesuai dengan tahapan.

“ Pada Senin pagi 8 April kami melantik ketua KPPS sebanyak 194 orang yang berasal dari kecamatan Linggang Bigung, Barong Tongkok, Sekolaq Darat dan Melak,” ujar Arkadius Hanye.

Lanjutnya, ini sangat penting sekali, karena kalau anggota KPPS ini sudah dilantik, secara resmi mereka menjadi bagian KPU dan bisa memulai beberapa tahapan, seperti sosialisasi pengumuman kepada masyarakat.

“ Dilanjutkan dengan simulasi pemungutan dan penghitungan yang melibatkan PPK, ketua KPPS dan juga PPS serta masyarakat sekitar KPU,”ungkap Arkadius Hanye.

Arkadius Hanye mengatakan, proses simulasi tersebut terlihat sangat antusias sekali baik dari PPK, KPPS, PPS dan juga masyarakat sekitar yang ikut dalam simulasi tersebut, kegiatannya berjalan dengan baik sekali.
“ Kita cukup bangga melihat hasil simulasi yang kami selenggarakan tadi siang,” ujarnya.
Lanjutnya, KPU mempunyai keyakinan semoga petugas dilapangan nanti bisa bekerja maksimal dalam pemungutan dan penghitungan surat suara. (arf)

2,974 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *