Manfaatkan Bekas Lubang Tambang Untuk Optimalkan Budidaya Ikan

INDCYBER.COM, SAMARINDA – Optimalkan Budidaya Ikan, Walikota Samarinda Minta Inventarisir Lahan Eks Tambang untuk Keramba

Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) di Samarinda mendapatkan bantuan benih dari Pemkot Samarinda, melalui Dinas Perikanan Kota Samarinda yang diserahkan langsung oleh Walikota Samarinda Syaharie Jaang.

Penyerahan dilakukan bersamaan dengan sosialisasi Izin Usaha Budidaya Perikanan, yang diselenggarakan di Pokdakan Rawa Bening (eks Tambang) Jl. Pusaka Lok Bahu, Kecamatan Sungai Kunjang, Kamis (19/09/2019).

Kepala Dinas Perikanan Kota Samarinda Sam Syaimum menyampaikan, bahwa di tahun 2019 Samarinda memiliki 64 kelompok pembudidaya ikan, termasuk satu kelompok pembudidaya ikan hias.

Dalam agenda tersebut, Pemkot sekaligus memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana, berupa mesin giling untuk pakan ikan, mesin pompa air, keramba jaring apung, benih ikan, serta pakan ikan.

“Tiga Pokdakan yang menerima bantuan ini, Pokdakan Damai Makmur dari Kelurahan Sidodamai Kecamatan Samarinda  Ilir,Pokdakan Dadakan Kawan Kelurahan Bukuan Kecamatan Palaran dan Pokdakan Rawa Bening I Kelurahan Lok Bahu  Kecamatan Sungai Kunjang,“ ujar Sam Syaimun, Kamis (19/9/2019).

Walikota Samarinda Syaharie Jaang menuturkan, untuk konsumsi budidaya ikan di kota Samarinda cukup besar dan melimpah,karena dengan tidak memiliki sumberdaya perairan dengan jenis air asin di Samarinda, maka Pemkot membuka peluang budidaya ikan air tawar.

“Walaupun Samarinda tidak mempunyai laut, tetapi Pemkot sangat perlu untuk melakukan pembinaan di bidang perikanan, terutama nelayan jaring apung (keramba),“ ucap Jaang.

Jaang meminta kepada Dinas Perikanan, untuk menginventarisir lahan eks tambang yang bisa digunakan sebagai lahan perikanan jaring apung.

Seperti yang telah dilakukan Pokdakan Rawa Bening Kelurahan Lok Bahu, Kalimantan Timur.

“Jangan lupa juga untuk  memberikan kadar zat besi yang terkandung di dalamnya sebelum digunakan,“ imbaunya.(sp).

230 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

One Comment on “Manfaatkan Bekas Lubang Tambang Untuk Optimalkan Budidaya Ikan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *