LESTARIKAN KEARIFAN LOKAL, PEMDES MUARA MUNTAI ILIR GELAR LOMBA OLTRAD

Indcyber.com, Kutai Kartanegara – Dalam rangka memeriahkan dan memperingati Hari Nasional, Pemerintah Desa Muara Muntai Ilir, Kecamatan Muara Muntai, Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar lomba Olahraga Tradisional (Oltrad) serta berbagai kegiatannya lain.

Kegiatan itu sendiri akan memperlombakan Olahraga Tradisional diantaranya, Beturai Gasing, Asen Naga dan Lari Estapet, Sedangkan lomba kategori bagi anak-anak yaitu, makan kerupuk memakai helm, jagon menggunakan balon, masukan paku kedalam botol serta senam massal.

Kepala Desa Muara Muntai Ilir, Muhammad Guntur mengatakan, selain melestarikan kerarifan lokal yang ada di Desa ini, kegiatan itu juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan serta kebersamaan antar warga, khususnya masyarakat Desa Muara Muntai Ilir.

“Alhamdulillah masyarakat Desa Muara Muntai sangat antusias mengikuti kegiatan ini, dimana masing-masing Rukun Tetangga (RT) dari 1, 2, 3, dan 4 mengirimkan perwakilannya. Lomba ini sendiri dipusatkan dilapangan Sepak Bola Gajah Mada, Desa Muara Muntai Ilir selama kurang lebih sepekan yang di mulai dari tanggal 5 hingga 13 Oktober 2019,” terang Muhammad Guntur, kepada media ini.

Tak hanya itu, Muhammad Guntur juga mengapresiasi dengan kegiatan tersebut, yang melibatkan peran serta anak-anak, para pemuda desa hingga kalangan masyarakat umum Khusus di Desa Muara Muntai Ilir telah berpartisipasi untuk mengikuti lomba ini.

“Kegiatan ini juga salah satu bentuk untuk memperkenalkan terutama Olahraga Tradisional (Oltrad) kepada anak-anak usia dini serta para pemuda, dengan harapan dapat terus di jaga dan dilestarikan kearifan lokal yang dimiliki wilayah Desa Muara Muntai Ilir pada umumnya dan khususnya Kecamatan Muara Muntai, Kutai Kartanegara (Kukar),” beber Muhammad Guntur.

Sementara itu, seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) Arin mengaku sangat senang dengan digelarnya lomba Olahraga Tradisional (Oltrad) ini, pasalnya kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, terumata dalam peningkatan perekonomian Desa Muara Muntai Ilir.

“Atas nama pribadi dan mewakili masyarakat Desa Muara Muntai Ilir, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Muara Muntai Ilir yang telah menggelar kegiatan ini, dengan tujuan untuk mejalin teli persaudaraan serta peningkatan ekonomi masyarakat desa,” kata Arin warga RT II.(ded/fin)

266 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *