5 Tahun Kepemimpinan Bupati FX Yapan dan H. Edyanto Arkan Akan Membangun Kubar Sesuai Kebutuhan Bukan kepentingan.

Indcyber.com, SENDAWAR – Bupati Kutai Barat (Kubar), FX Yapan SH dan Wakil Bupati H. Edyanto Arkan SE, menyampaikan kepada wartawan usai mendaftar menjadi Calon Bupati periode 2021 – 2024 pada Jumat (13/9/2019) di DPC PDIP di Sendawar bahwa, selama 5 tahun kepemimpinannya memiliki landasan kuat untuk mewujudkan Hari Esok Yang Lebih Baik Daripada Hari Ini.

Pembangunan Selama 3 tahun lebih, di 16 kecamatan se-Kubar mempunyai landasan melalui visi – misi dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Jangka Panjang Daerah (RPJMPD).

“ Selama 5 tahun kepemimpinan kami, yang merupakan penjabaran dari visi-misi dan program kepala daerah dengan berpedoman pada RPJP Daerah serta memerhatikan RPJM Nasional,”  kata FX Yapan.

Dikatakan FX. Yapan bahwa, Pemkab Kubar terus memenuhi kebutuhan masyarakat, serta memiliki 3 zona, yakni hilir, tengah, dan zona atas,  Pembangunannya bertahap menggunakan azas prioritas dan super prioritas,” ujarrnya.

Yapan menuturkan bahwa, selama ini Pemkab Kubar telah mengajak DPRD  Kubar membuat matriks (kerangka) kebutuhan pembangunan masyarakat 3 zona tersebut. Karena itu menurutnya, apa saja yang selama ini telah dibangun Pemkab Kubar, bukan kepentingan tetapi kebutuhan  masyarakat.

“Kalau kami berbicara kepentingan, nantinya antara DPRD dan pemerintah akan tarik-menarik.  Matriks itu tentang  apa saja kebutuhan masyarakat, dan di daerah mana yang harus di prioritaskan,” ungkapnya.

FX Yapan juga mengatakan bahwa sudah 4 kali berturut Pemkab Kubar mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan daerah dari BPK, namun banyak juga isu di medsos yang masih menilai miring pemerintahan dibawah kepemimpinanya..

“Pembangunan yang dilakukan Pemkab Kubar  sesuai RPJMPD dan visi-misi, melalui rangkaian proses sesuai aturan perundang-undangan,” ujar FX. Yapan.

Lanjutnya, melalui proses output (jumlah kegiatan), kemudian outcame (tingkat serapan jangka panjang), serta indikator (keberhasilan pembangunan), Jadi bukan karena pemerintah ini sudah WTP dan pengelolaan keuangan terbaik. Tetapi sejauh mana APBD  bisa dirasakan dan dinikmati oleh rakyat, itu tujuan akhirnya.

“ Mari kita bergandeng tangan dan bahu-membahu membangun Kubar, sehingga akan terwujud Kubar Hari Esok Lebih Baik Daripada Hari Ini,” ujarnya.

Yapan menuturkan bahwa ada isu yang mengatakan bahwa selama tiga taun terakhir tidak ada pembangunan di Kubar, itu semua tidak benar alias hoax yang di koar – koarkan orang yang tidak bertanggng jawab di medsos, yang mau memecah belah persatuan dan kesatuan masyarakat.

“Tujuan saya bersama Wabup Edyanto Arkan maju dalam Pilkada Serentak 2021 – 2024, didorong untuk  menyempurnakan  RPJMD serta visi-misi, karena 5 tahun belum sempurna. Tetapi daerah-daerah  yang membutuhkan sudah kami mulai pembangunannya,” ucapnya.

“Kami berdua terpanggil jiwa pengabdian membangun daerah, agar visi-misi pembangunan masyarakat 16 kecamatan tercapai  dengan baik,” tegasnya.

Bupati FX Yapan menyebut  konsep kepemimpinannya yaitu siap menjadi pelayan masyarakat. Melalui teknis menerapkan prinsif 5M (Mendengar, Melihat, Merasakan, Menganggarkan dan Melaksanakan).

“Sehingga terjadi peningkatan infrastruktur secara merata sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sejumlah kawasan di beberapa zona yang belum terpenuhi pembangunannya, terus dilaksanakan step by step (Bertahap) disesuaikan dengan anggaran yang ada,” ungkapnya. (arf).

 2,662 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *