50 Ribu Benih ikan Nila di Tebar di Sungai Pesikng

Indonesia Cyber – SENDAWAR – Dinas perikanan kabupaten Kutai Barat (Kubar), melakukan restocking / atau penebaran bibit ikan nila sebanyak 50 ribu ekor, di dua kecamatan Damai dan jempang.
Penebaran benih ikan nila pertama di sungai pesikng, kampung Jengan Danum, kecamatan Damai, Rabu (5/9/2018), dilaksanakan oleh sekdakab Yacop Tullur, didampingi kepala dinas perikanan, kepala perangkat daerah, camat, perwakilan perusahaan, perbankan, serta tokoh masyarakat.
Dengan mengambil tema,“ Peningkatan Daya Dukung Sumber Daya Perikanan Melalui Penebaran Benih Ikan Nila”.
Dalam sambutannya bupati FX. Yapan SH yang dibacakan Sekdakab, Drs. Yacop Tullur MM, menyampaikan, tujuan dari pada penebaran ikan ini adalah, untuk menambah vopulasi ikan di perairan umum, seperti sungai maupun rawa.
Ikan merupakan komoditas bahan pangan yang bergizi tinggi, menggiatkan gemar makan ikan dan melestarikan potensi serta sumber daya perikanan, sesuai dengan arahan bapak presiden Joko Widodo serta menteri kelautan dan perikanan, diimplementasikan dalam daya dan upaya meningkatkan produksi peternakan ikan.
Lanjut Yacop Tullur, kegiatan menebar benih ikan ini merupakan tindak lanjut dari isu strategis dari persediaan ikan yang cenderung semakin menurun akibat ulah manusia yang terus menerus melakukan pencemaran maupun penangkapan ikan yang melebihi daya pulih perairan.
Yacop Tullur berharap, dengan penebaran benih ikan nila ini, diharapkan dapat menggugah hati nurani seluruh warga masyrakat, melalui kuwalitas dan kapasitas masing – masing untuk senantiasa mendukung penuh kembalinya fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem aquatik yang seimbang.
Semoga program ini mendapatkan dukungan penuh sebab menjaga lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama, hindari langkah atau cara menangkap ikan yang tidak ramah lingkungan seperti memakai setrum bahkan racun potas yang tentunya sangat merugikan biota sungai yang menjadi andalan kita disini,” ujar Yacop Tullur. (arf)

 129 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *