Andi Harun : Pemkot Samarinda Yang Kedua Lapor BPK RI Setelah Kubar

Walikota Samarinda Andi Harun saat memberikan keterangan pers usai menyerahkan LKPD Tahun 2020.(foto:sriyono/indcyber.com).

Penulis: Sriyono
Editor: Redaksi

SAMARINDA, INDCYBER.COM. Walikota Samarinda, Dr. Andi Harun meyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah ( LKPD ) tahun 2020 kepada BPK RI Perwakilan Kaltim,jalan M.Yamin Samarinda,Senin ( 29/3/2021)

Walikota Samarinda, Dr. Andi Harun di dampingi langsung oleh Sekertaris Daerah ( Sekda ) Kota Samarinda, Sugeng Chairuddin menyerahkan berkas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah ( LKPD ) ke Kepala BPK RI Perwakilan Kaltim Dadek Nandimar.

Andi Harun mengaku sangat bersyukur, di musim Pandemi Covid- 19 kami masih dapat melaporkan LKPD ke BPK RI tepat waktu.

“LKPD adalah kegiatan tahunan dan kewajiban pemerintah untuk melaporkannya.Alhamdulilah Pemkot Samarinda sudah enam kali menerima WTP ( Wajar Tanpa Pengecualian ) sampai tahun 2019.Semoga tahun ini Samarinda masih dapat mempertahankannya,”kata Andi Harun.

Andi Harun juga mengucapkan banyak terima kasih kepada BPK RI yang telah memberi pembinaan dalam tata pengelolaan keuangan di lingkungan Pemkot Samarinda.

Tak itu saja, Walikota Samarinda Andi Harun menginginkan pengelolaan keuangan yang baik juga di lakukan di BUMD ( Badan Usaha Milik Daerah ) Samarinda. ia berharap kedepan Kepala Daerah dapat di beri ruang untuk menunjuk BPK untuk mengaudit langsung ke BUMD milik Pemerintah Kota Samarinda.

Ia beralasan, jika BPK RI yang langsung mengaudit BUMD, setidaknya Walikota dapat informasi laporan keuangan BUMD secara detail. Dengan keinerja BPK yang mampu menjaga kualitas Audit secara individual dan kelembagaan dilindungi undang undang dan Hukum.

Menurut Dadek Nandimar, Samarinda adalah kabupaten kota ke dua yang telah melaporkan LKPD ke BPK RI setelah Kabupaten Kubar.

“Samarinda termasuk berani melaporkan LKPD secara cepat di musim pandemi Covid 19.Setalah berkas saya terima nanti kami akan periksa selama 60 hari kerja istilah kami Anaudit atau Laporan yang belum kami periksa,”terang Dadek.(advertorial)

 95 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *