Antisipasi Karhutla, Polsek Barong Tongkok Selalu Siaga

Indcyber.com, SENDAWAR – Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Kapolsek Barong Tongkok, IPTU Irianto SH menyarankan kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan apabila bercocok tanam.
Rubahlah cara budaya bercocok tanam dengan menimbun hasil pembersihan lahannya agar lama kelamaan menjadi humus dan subur.

Kapolres Kutai Barat (Kubar) AKBP. I Putu Yuni Setiawan, melalui Kapolsek Barong Tongkok IPTU Irianto saat di temui dikantornya, Kamis (13/9/2018) mengatakan, dari hasil pantauan yang dilakukan oleh anggota, sejauh ini untuk wilayah Polsek Barong Tongkok belum ada terindikasi kebakaran baik hutan maupun lahan.

Dikatakan Irianto, bahwa berladang berpindah – pindah itu bisa dirubah, dengan cara tidak membakar lahan, apabila terlihat membakar lahan biar sedikit akan dikenakan sangsi hukum, maka dari itu tidak diperbolehkan membakar sembarangan, para kepala desa juga di panggil dan diberi pemahaman, bahwa sampah dari ladang tersebut hendaknya di timbun jangan dibakar, supaya lama kelamaan lahan tersebut bisa menjdi subur, dan itu harus di sampaikan ke masyarakat oleh kades mereka masing – masing.

“ Kami akan selalu berkoordinasi dengan muspika untuk selalu menjaga lingkungan,” kata Irianto.
Irianto menghimbau kepada semua lapisan masyarakat, hususnya masyarakat Barong Tongkok, untuk tidak membakar ladang biarpun sedikit apabila ketahuan akan diproses secara hukum.

Maka dari itu jagalah lingkungan masing – masing agar tetap aman dan kondusif, serta selalu menjaga Kamtibmas. (arf)

 180 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *