Armada Wings Air ATR – 72 Pernah Survey ke Bandara Melalan Kubar

Indcyber.com, SENDAWAR – Salah satu penerbangan Wings Air ATR – 72, telah mengadakan survey ke Bandara Melalan, Sendawar Kutai Barat (Kubar) beberapa waktu lalu, akan tetapi sampai saat ini belum ada mengajukan order slout penerbangan.

Untuk saat ini penerbangan yang melayani rute Sendawar – Balikpapan dan Sendawar – Samarinda pulang pergi (PP) hanya satu unit Express Air ATR – 42, namun penumpang semenjak tiga bulan terakhir ini melonjak, tidak sebanding dengan armada pesawat terbang yang ada.

Kepala Banadara Melalan Sendawar, Sumariyanto saat di temui dikantornya Selasa (18/9/2018) menyampaikan,“ Sejauh ini armada Express Air ATR – 42 seri 300 yang melayani penebangan komersial Sendawar – Balikpapan dan Sendawar – Samarinda PP melayani penumpang setiap bulannya kurang lebih empat ribu penumpang”, kata Sumariyanto.

Ada rencana otoritas bandara untuk melakukan penerbangan malam hari, namun untuk sementara dioptimalkan penerbanagan siang hari, biarpun armada Express Air ini hanya mampu mengangkut 40 penumpang, sejauh ini tidak ada kendala mengatasi lonjakan penumpang.

Dikatakan Sumariyanto, Wings Air yang mengadakan survey ke Bandara Melalan ini hanya memiliki armada ATR – 72, tidak memliki armada ATR – 42, memang dalam peningkatan runway (landasan pacu) sudah selesai 1.350 meter, cuma diujung runway masih ada jurang yang belum di timbun, kemungkinan itu salah satu pertimbangan dari pada Wings Air ATR – 72 tersebut.

Sedangkan syarat pesawat ATR – 72 harus mendarat di runway dengan panjang landasan paling kurang 1600 meter.

Sumariyanto mengungkapkan, pesawat ATR-72 kelebihannya jika bisa beroperasi dan mendarat di Bandara  Melalan Sendawar, mampu mengangkut 70 penumpang dalam sekali terbang. Sedangkan pesawat ATR-42 hanya mampu memuat 40 penumpang.

Sementara itu, Bagian Teknik Operasional Keamanan dan Pelayanan Darurat Bandara Melalan, Aulia Mukti Negara, menyebut data terakhir mulai membludaknya penumpang atau pemesan tiket penerbangan di bandara itu adalah sejak Juli 2018. Dia mengakui angka jumlah penumpang setiap bulan di bandara itu bisa menembus empat ribu penumpang.

“Memang kami berharap kedepan Bandara Melalan akan melayani armada besar jenis ATR-72. Dengan kondisi terminal baru dan lengkap dengan fasilitasnya, sehingga semakin meningkat jumlah penumpang setiap hari,” ungkap Aulia Mukti Negara. (arf).

 190 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *