Bandara APT Pranoto Samarinda Ditutup,Wakil Ketua DPRD Kaltim Menyambut Positif

Indcyber.com, SAMARINDA – Bandar Udara (Bandara) APT Pranoto Samarinda akan ditutup kegiatan operasionalnya selama 25 hari, terhitung sejak Rabu, (20/11/2019) hingga Minggu, (15/12/2019) dikarenakan adanya  pengerjaan dua kegiatan di bandara, yakni pemasangan Airfield Lighting System (AFL) dan perbaikan aspal di sisi taxiway.

Dodi mengatakan, selama penutupan operasional itu dilakukan akan ada banyak kegiatan penerbangan yang dialihkan ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan dengan jumlah maskapai penerbangan sebanyak 8 airline.

“Dari tanggal 20 November ini sampai dengan tanggal 15 Desember, kegiatan operasional Bandara APT Pranoto kita tutup dulu karena ada perbaikan pada Taxiway dan pemasangan AFL dan saya akan seger membuat Notam. Jadi di APT ini memang semakin kesini semakin maju dan berkembang, dimana ada 48 penerbangan dalam seharinya dan kita tutup nanti itu otomatis akan ada pemindahan penerbangan ke SAMS Sepinggan Balikpapan dan Angkasa Pura wajib membantu pemindahan ini, karena ini perintah langsung dari pusat”ujar Dodi.

Dodi menjelaskan bagi masyarakat yang sudah membeli tiket terlebih dahulu untuk tidak khawatir. Sebab, pihak maskapai pastinya akan bertanggung jawab dalam melakukan peralihan penerbangan ke Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

“Jadi nanti kaitannya dengan penumpang yang sudah membeli tiket, pihak maskapai akan bertanggung jawab dengan mengirimkan sms bahwa penerbangan akan dipindah ke Balikpapan, bahkan pihak maskapai juga tidak ada masalah jika ada yang minta refund (pengembalian dana)”jelasnya.

Perbaikan Taxiway dan Pemasangan AFL, Dodi menuturkan memakan total biaya sebesar Rp 15 Milliar dengan masing-masing dibiayai oleh dana APBN dan APBD. Secara rinci, untuk Perbaikan Taxiway memakan dana sebesar Rp 3 Milliar, sedangkan Pemasangan AFL Rp 12 Milliar.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kaltim dari Fraksi PAN Sigit Wibowo, SE mengatakan ini sebuah progres yang sangat bagus untuk Bandara APT Pranoto Samarinda sebagai salah satu penyangga Ibu Kota Negara dengan begitu cepat respon Pemerintah Pusat terhadap kekurangan Bandara APT Pranoto sehingga perbaikan taxiway dan pemasangan AFL dapat terlaksana di Tahun ini.

“Mantap Alhamdulillah, lampu runway (AFL)segera di pasang dan perbaikan taxiway segera dimulai. Artinya tidak sia sia kami tim Banggar DPRD Kaltim kunjungan kerja ke Kemenhub Dirjen Perhubungan Udara beberapa waktu lalu karena setelah diresmikan memang itulah yang menjadi prioritas saat ini, “ujar Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo, SE kepada indcyber.com, Sabtu (9/11/2019).

Ketika disinggung terkait penutupan Bandara APT Pranoto Samarinda selama dua puluh lima hari kedepan, ia mengatakan tidak mempermasalahkan karena adanya pengerjaan perbaikan taxiway dan pemasangan AFL sebab agar dapat melayani penerbangan malam hari.

“Iya gak apa apa ditutup kan hanya sementara saja,apa yang akan dipermasalahkan. Bandara APT Pranoto ditutup kan memang untuk kelancaran pekerjaan pemasangan lampu runway serta perbaikan taxiway.Dengan tujuan supaya bisa melayani penerbangan malam dan keselamatan penerbangan ketika kabut demi menatap Kaltim sebagai Ibu Kota Negara dan Samarinda sebagai salah satu kota penyangga Ibu Kota Negara. Kita doakan pengerjaannya lancar, cepat sehingga dapat beroperasi kembali melayani penumpang dengan suasana Bandar Udara APT Pranoto lebih nyaman lagi, “pungkas Politisi PAN ini.

Selain itu, Sigit juga mengapresiasi kinerja Kabandara APT Pranoto Samarinda dan Kadishub Kaltim yang sangat baik dan peka dengan merespon cepat demi kenyamanan dunia penerbangan di Kaltim.(adv/sp)

 251 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *