BNK, Kasat Narkoba Bekerjasama Dengan PT. Pama Sosialisasikan Narkoba ke Petinggi dan BPK se-Kecamatan Damai

Foto Bersama BNK, Kasat Narkoba, Pama,Kapolsek,Danramil Damai dan BPK se- Damai serta para Petinggi.


indcyber.com, SENDAWAR – Badan Narkotika Kabupaten Kutai Barat (BNK Kubar), beserta Kasat Narkoba bekerjasama dengan PT. Pamapersada Nusantara distrik TCM, melakukan sosialisasi  bahanya narkoba dan sekaligus mensosialisasikan cara merehap para pencandu narkoba, kepada para petinggi dan Badan Pengawas Kampung (BPK) se-Kubar, berlangsung di BPU kampung Damai Kota, kecamatan Damai,  pada  Selasa (2/7/2019).

Kasat narkoba., AKP Jamhari SH, mengatakan bahwa sosialisasi narkoba kali ini sudah yang kedua kalinya di laksanakan, yang pertama dilaksanakan  di kecamatan melak, dan yang kedua ini di kecamatan Damai.

Dikatakan Jamhari, kenapa sasaranya petinggi dan BPK, kepala Adat, serta tokoh masyarakat, karena merekalah yang terjun langsung ke masyarakat, setidaknya mereka ini kepanjangan tangan dari BNK dan kasat narkoba, disamping itu para petinggi mempunyai dana tersendiri untuk mensosialisasikan narkoba, salah satunya dari dana Desa (ADK).

Penyuluhan Oleh Kasat Narkoba AKP.Jamhari. S.H.

Menurutnya, petinggi dan kepala adat serta tokoh masyarakat  lebih dekat dengan warganya, dan tahu persis keberadaan  warganya, dan akan lebih efektif lagi kalau petinggi tokoh masyarakat maupun tokoh adat yang yang berkomunikasi dengan warganya.

Sementara itu Sekretaris Jendral (Sekjen) BNK Kubar, Jamidi mengatakan, dengan  adanya program rehabilitasi ini diharapkan kepada masyarakat jangan takut melaporkan sanak famili ke BNK untuk melakukan rehap.

Dikatakan Jamidi, selama ini yang diketahui masyarakat bahwa pemakai narkoba itu harus ditangkap, dan para pemakai narkoba dikucilkan di tengah masyarakat, maka dari itu mulai sekarang langsung saja melaporkan ke BNK biar cepat dibantu untuk menangani dan merehapnya.

“ Saya tekankan sekali lagi kepada masyarakat, apabila ada yang pingin di rehap silahkan hubungi kami di nomer yang tercantum  di sepanduk didepan ini,” kata Jamidi.

Ia menuturkan bahwa, apabila ada niat masyarakat yang minta di rehap, BNK Kubar akan meilindungi si paisen sampai di tempat rehap, dan berjanji tidak akan ada penangkapan terhadap pecandu, akan tetapi dengan catatan bener – bener mau di rehap dan tidak bohongan.

Jamhari dan juga Jamidi menghimbau kepada masyarakat, jangan ada rasa minder dan malu ketika ada sanak keluarga yang terindikasi menggunakan narkoba, hendaknya dilakukan pencegahan sedini mungkin agar  terhindar dari sasaran para pengedar narkoba.

Semenrata itu Sekcam Damai, jamri yang mewakili camat, sangat mengapresiasi terhadap penyuluhan narkoba ini, karena barang haram tersebut sangat menghancurkan generasi muda penerus bangsa.

“ Saya sangat mendukung untuk memberantas peredaran narkoba ini sampai ke akar – akarnya,” kata Jamri.

Ia membeberkan, dengan diadakannya penyuluhan narkoba ini, diharapkan peran serta para petinggi, kepala adat, BKP dan tokoh masyarakat, untuk terjun langsung ke warganya, memberikan pengertian,  dan dampak dari bahayanya narkoba.

Sementara CSR Officer PT. Pama, Sabinus dan Renaldi menyampaiakan bahwa Pama sangat peduli  dan konsentrasi terhadap penyalahgunaan nerkoba.

“ Kami dari manajeman sudah melakukan Mou dengan para karyawan Pama serta para subcound, berkomitmen dan sepakat tidak menggunakan narkoba,’ kata Rinaldi.

Dikatakan Rinaldi, sejauh ini pama dan BNK sudah sering melakukan kerjasama dalam rangka mensosialisasikan narkoba, ini sudah kali kedua Pama mendampingi  BNK dalam sosialisasi narkoba, yang pertama waktu itu di SMP negeri 02 Damai.

Rinaldi menuturkan, bahwa bagi karyawan pama yang terindikasi memakai narkoba tidak akan diberikan sangsi berupa pemecatan, akan tetapi diupayakan membantu  untuk merehab karyawan tersebut, dan apabila masih menggulanginya lagi tdak ada maaf lagi dan langsung dilakukan pemecatan. (arf).

 1,791 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *