Deslan :Kami Berharap Siswa Lulusan SMK Dapat Diterima Oleh Pangsa Pasar Maupun Usaha Mandiri

INDCYBER.COM, SAMARINDA -Di dunia Pendidikan Kalimantan Timur khususnya SMK siapa yang tidak kenal dengan Deslan Nispayani Kabid Pembinaan SMK di Dinas Pendidikan Kaltim.

Berkat sentuhan tangan dingin Deslan lah Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)di seluruh Kaltim telah menunjukkan begitu pesat kemajuannya saat ini.

Saat ditemui diruang kerjanya, Deslan menjelaskan jika dirinya selama ini dengan penuh semangat terus mengupayakan Pembinaan kepada seluruh SMK di Kaltim dari kota hingga Pelosok semaksimal mungkin dengan menambah jurusan jurusan yang saat ini memang banyak dibutuhkan oleh Perusahaan maupun Pengusaha.

“Untuk saat ini yang sudah kami usulkan ke Kementerian Pendidikan ada empat jurusan yaitu Pertambangan, Perkebunan, Perhotelan dan Pariwisata tapi yang direkomendasikan hanya dua yaitu jurusan Perhotelan dan Pariwisata,”ungkap Kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Kaltim, Deslan Nispayani kepada indcyber.com

Perlu diketahui kedua jurusan yang disetujui oleh Kemndikbud semua SMK yang berada di kota Balikpapan.Deslan terus berusaha mengupayakan agar dua jurusan yang belum disetujui tahun ini dapat disetujui oleh pusat mengingat Kaltim ini kaya akan potensi pertambangan dan hamparan luas perkebunan sawit.

“Banyak SMK di Kaltim ini dengan berbagai macam jurusan ada otomotif, alat berat.Kami juga berharap para siswa selain ahli di jurusan masing-masing juga terus kami tekankan kepada para tenaga pendidik untuk selalu mengedepankan ilmu agama yang nantinya akan menjadikan siswa mempunyai akhlaklul kharimah, “ujarnya.

Deslan sangat yakin dengan pembinaan dan pembelajaran yang telah diterima, siswa dapat semakin kreatif dan mandiri serta mampu bersaing di pangsa pasar setelah keluar dari SMK.

Sementara itu Pemprov Kaltim sendiri berharap lulusan SMK kedepan bisa melanjutkan pendidikan mereka lebih tinggi maupun mengikuti pendidikan pelatihan di bidang masing-masing, sehingga kompetensi mereka semakin baik.

“Karena itu, kami berharap mereka bisa diterima di pangsa kerja maupun mandiri. Bahkan membuka usaha sendiri,”kata Deslan.

Dengan banyaknya jurusan di daerah, Deslan berharap potensi itu bisa dibuka sebesar-besarnya oleh para pengusaha ataupun Perusahaan di daerah, sehingga lulusan segala jurusan  dapat mengembangkan ilmu yang mereka terima.

“Karena, kendala yang terjadi saat ini adalah bagaimana pemasaran hasil karya para siswa,”pungkas Deslan mengakhiri perbincangannya dengan indcyber.com beberapa hari yang lalu.

Kemajuan Pembinaan SMK di Kaltim ini yang telah ditunjukkan oleh Deslan juga tak lepas dari kerja sama team worknya dalam bekerja penuh dengan suasana kekeluargaan merupakan salah satu penyemangat nya dalam mengemban amanah sebagai Kabid Pembinaan SMK di Dinas Pendidikan Kaltim.(sp)

 1,335 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *