Dinas Perkimtan dan Warga Kecamatan Damai Serta Perusahaan Bersihkan Sampah di Jalan Umum, Dalam Rangka Jumat Bersih

Indcyber.com, SENDAWAR – Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan), beserta masyarakat kecamatan Damai dan juga anak sekolah SMPN 02 Damai, dan SMK 01 Barong Tongkok, serta Perusahaan yang berdomisili diwilayah kecamatan Damai, PT. Pama, PT, Gunung Bara Utama (GBU), PT. United Tractor (UTI), pada hari Jumat bersih (04/10/2019), melaksanakan gotong royong pungut sampah di jalan poros Trans Kaltim.

Kegiatan tersebut dimula dari simpang kampung Mendika, kecamatan Damai, hingga lampu merah kampung Simpang Raya, kecamatan Barong Tongkok, Kutai Barat (Kubar), gotong royong tersebut diikuti kurang lebih 200 orang.

Kepala Dinas Perkimtan Stepanus, melalui kabid kebersihan Sabransyah menyampaikan bahwa, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup, dan memyonsong pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Perarawi) se-Kaltim mulai tanggal 21 hingga 28 Oktober 2019 mendatang, dan Kubar sebagai tuan rumah.

“ Kita sebagai tuan rumah yang akan dikunjungi sepuluh kebupaten dan kota harus mempercantik pekarangan  kita, terutama membersihkan sampah yang berserakan di pinggir jalan poros ini,” kata Sabransyah.

Sabransyah menuturkan bahwa kedepannya harus dibikinkan tempat sampah oleh pemerintah, agar masyarakat tidak sembarangan membuang sampahnya, seperti Tempah Pembuangan Sampah (TPS) 3R, untuk di kecamatan, mulai dari pemungutan sampah dari sumbernya, dan juga pengangkutan serta pemilahan dan pengolahan.

“ Untuk tempat sampah TPS 3R itu minimal besar dan lebarnya, 6×10 atau 8×10 meter,” ujarnya.

Dengan adanya tempat sampah ini nanti dihimbau kepada seluruh masyarakat Kubar untuk selalu peka dan perduli terhadap lingkungan masing – masing, agar jangan membuang sampah sembarangan lagi.

“ Kita akan bekerja sama dengan perusahaan melalui dana CSR nya untuk membangun loksasi TPS 3R di kecamatan,” ungkapnya.

Sementara itu camat Damai Fransisko menyampaikan bahwa kegiatan  yang baru saja dilakukan dengan para staf nya yaitu pungut sampah di jalan Trans Kaltim bersama dinas Perkimtan dan juga perusahaan pada hari jumat bersih pagi tadi.

“ Saya ucapkan terima kasih kepada warga kecamatan Damai, juga perusahaan yang sangat antusias sekali dalam bergotong royong pungut sampah ini,” kata Fransisco.

Sesuai dengan instruksi dan edaran bapak bupati tentang kebersihan dan penanganan masalah sampah sudah disampaikan kepada para petinggi dikecamatan Damai ini, agar membersihkan sampah – sampah yang berserakan di pinggir jalan poros Trans Kaltim.

“ Kita instruksikan minimal satu minggu sekali sampahnya dibersihkan oleh para petinggi dan warganya,” harapnya. (arf).

 2,804 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *