Gubernur Kaltim Hadir Dalam acara Puncak Harganas Ke XXVI se-Kaltim di Kubar.

Indcyber.com, SENDAWAR – Puncak acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 26 Tahun 2019 se-Kalimantan Timur (Kaltim), yang dilaksanakan di Kutai Barat (Kubar) sebagai tuan rumah, pada Kamis (18/7/2019) di Taman Budaya Sendawar,  di hadiri Gubernur Kaltim DR. Ir. H. Isran Noor beserta istri Hj. Nor Baiti A.Md, SH.

Gubernur Kaltim H. Isran Noor dalam sambutannya mengatakan bahwa penyelenggaraan Harganas ke 26 di Kubar ini berjalan dengan lancar dan sukses.

“ Kenapa bisa sukses, karena bupatinya hebat,” kata Isran Noor.

Dikatakan Isran Noor bahwa Kubar tidak ketinggalan dalam mengejar masalah pembangunan, prestasi – prestasi sudah diukir dan ditunjukkan, dari 10 kabupaten kota se-Kaltim, 7 kabupaten dan 3 kota, Kubar menduduki desa terbaik ke 3 dari 841 desa se-Kaltim.

“ Artinya Kutai Barat tidak ketinggalan,” ungkapnya.

Ia menuturkan bahwa Kubar mewakili Provinsi sebagai taruna di tingkat nasional, contohnya baru – baru ini Kubar meraih lomba Fashion Show otonomi daerah secara nasional, berarti Kubar tidak ketinggalan.

Sementara itu Direktur Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Agus Sukiswo menyampaikan bahwa, program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), secara kuwantitas dan kuwalitas cukup mengembirakan.

Dikatakan Agus Sukiswo, bahwa rata – rata wanita usia subur dan melahirkan, dari 6,7 pada tahun 1970, menjadi 2,4 di tahun 2018, ini rata – rata jumlah anak usia subur 2 atau 3 orang anak.

Khusus di Kaltim juga menunjukkan adanya peningkatan program dimana terdapat penurunan wanita usia subur dari 2,8 pada tahun 2012 menjadi 2,7 pada tahun 2017.

“ Secara kuwalitas penggunaan alat kontrasepsi sudah banyak yang menyukai metode jangka panjang,” ujar Agus Sukiswo.

Sementara ketua PKK Provinsi yang juga ketua panitia Harganas, Hj. Nor Baiti Isran Noor menyampaikan bahwa, latar belakang Harganas ke 26 adalah, keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama tempat terbentuknya kepribadian yang mewarnai kehidupan manusia.

Gubernur Kaltim DR. Ir. H. Isran Noor M.Si Menyerahkan Piagam Penghargaan Kepada Ketua PKK Kubar Seri Rahayu Yapan

Dikatakan Nor Baiti, persemaian nilai-nilai agama dan kepribadian, kebangsaan, keadilan sosial dan nilai-nilai moral secara praktis akan berproses dan ditentukan oleh keluarga.

Sementara Bupati  Kubar FX. Yapan mengatakan, puji syukur dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa pada kesempatan ini bapak Gubernur menyempatkan hadir di Kubar, walaupun beliau ini super sibuk.

“ Mari kita doakan beliau supaya tetap dalam keadaan sehat walafiat,” kata FX. Yapan.

Dikatakan FX. Yapan, bahwa apabila bapak gubernur hadir di tengah-tengah masyarakat Kubar, suasananya acara ini menjadi lain, dan pamor bupatinya ikut naik, karena kehadiran bapak Gubernur di Kubar adalah yang pertama kali sejak beliau menjabat menjadi Gubernur.

“ Saya pribadi dan juga atas nama pemerintah dan masyarakat Kubar menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak gubernur, serta BKKBN pusat, provinsi  dan juga daerah, ” ujar FX. Yapan.

Lanjutnya, bahwa sudah percaya kepada Kubar untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Harganas yang ke 26 ini, dengan harapan pelaksanaan ini berjalan lancar dan sukses, dan ini juga suatu pelajaran bagi Kubar agar supaya kedepannya bisa bersaing dengan kabupaten dan kota yang lebih dewasa.

“ Sesuai dengan slogan Kubar bahwa Hari esok Lebih Baik Daripada Hari Ini,” ungkapnya.

Dengan harapan semoga di tahun depan bantuan  dari provinsi bisa bertambah, dengan datangnya bapak Gubernur di Kubar ini, diharapkan 2020 akan lebih meningkat lagi bantuan dari provinsi.

Balik Papan Sebagai Juara Umum

“ Untuk mengatur kebijakan di Kubar pak Gubernur kami memiliki 5 M, yang pertama  Mendengar, kedua Mlihat, ketiga merasakan, keempat Menganggarkan dan kelima Melaksanakan,” ungkap FX. Yapan.

Hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Provinsi Kalimantan Timur, perwakilan Pandam VI Mulawarman, Danrem 091 Aji Suryanata Kusuma, 10 Bupati dan juga Walikota, para kepala Dinas dan Badan dilingkungan pemerintah kabupaten Kutai Barat, perwakilan BKKBN Provinsi serta hadirin undangan. (arf).

 1,319 total views,  3 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *