H Yusuf Mustafa Mengawali Karirnya Sebagai Advokat Kondang Kaltim Hingga Mengabdi Sebagai Wakil Rakyat Di DPRD Kaltim

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kaltim Fraksi Partai Golkar,H Yusuf Mustafa,SH.,MH (foto dok. istimewa)

Penulis: Slamet Pujiono
Editor:Ranubaya
INDCYBER.COM, SAMARINDA-Mengawali Karir sebagai Advokat di Kota Madinatul Iman Balikpapan tahun 1988 H Yusuf Mustafa muda kala itu berkeyakinan jika masalah hukum harus ditegakkan seadil-adilnya terutama bagi kaum lemah.

Yusuf Mustafa kala sebagai Advokat pertama kali memenangkan persengketaan lahan pelabuhan feri yang disinyalir sebagai milik almarhum H Daeng Toba serta sengketa lahan Cemara Rindang seluas 2,1 hektare.Berawal dari situlah pria yang dikenal berjiwa sosial tinggi tersebut kian makin dikenal banyak kalayak luas Balikpapan khususnya dan Kaltim umumnya.

“Alhamdulillah saya mengawali karir sebagai advokat di Balikpapan setelah lulus kuliah di Makassar tahun 1988, setelah lama bergelut di bidang hukum ternyata begitu menjanjikan karena sayalah yang memenangkan sengketa lahan pelabuhan feri di Sumber kemudian sengketa lahan Cemara Rindang seluas 2,1 hektar juga saya yang memenangkannya,”ujar H Yusuf Mustafa kepada indcyber.com via telepon seluler,Senin (3/8/2020).

Karena berbagai prestasi dalam penanganan kasus hukum yang ia menangkan akhirnya H Yusuf Mustafa mendapatkan amanah sebagai Ketua Dewan Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Kaltim dari tahun 2012 hingga sekarang.

“Saya mengawali karir di bidang politik tahun 2013 dan bergabung dengan Partai Golkar Kota Balikpapan sebagai Wakil Ketua Bidang Hukum bersama dengan Ketua Golkar Balikpapan Rahmad Mas’ud.Dari situlah saya semakin tergerak untuk membangun Balikpapan sebagai Kota Madinatul Iman dengan mengabdi sebagai wakil rakyat di DPRD Kaltim kebetulan istri saya juga sebagai anggota DPRD Kota Balikpapan dengan partai yang sama yaitu Golongan Karya,”beber pria kelahiran Balikpapan 1959 ini.

Tekad yang kuat mengabdi untuk masyarakat Kota Balikpapan karena Yusuf Mustafa kerap kali turun langsung ke masyarakat guna melihat kondisi dari segi infrastruktur jalan utama maupun gang, ketersediaan air bersih dan sebagainya.

“Dari awal memang saya melihat kondisi infrastruktur jalan terutama di dalam gang yang masih banyak yang belum tersentuh semenisasi, meskipun saya duduk di komisi I namun saya tetap berkoordinasi dengan instansi terkait guna meningkatkan jalan.Insyallah semua akan tercapai apa yang diharapkan masyarakat Balikpapan, terutama dalam mengatasi masalah banjir yang kerap melanda kawasan Jalan MT Haryono dan sekitarnya,”tutur Politisi Senior Golkar Balikpapan.

Profil H Yusuf Mustafa,SH.,MH, Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Timur:

-Tempat dan Tanggal Lahir: Balikpapan,15 Marry 1959
-Agama : Islam
-Nama Istri:Hj Suwarni
-Partai Politik: Golongan Karya Daerah Pemilihan Balikpapan
-Alamat::Jl. Karang Jati Dalam, No 1, RT 018, Kelurahan Karang Jati, Kecamatan Balikpapan Tengah

Riwayat Pendidikan:
-Universiatas 17 Agustus Surabaya (2006)
-Universiatas Muslim Indonesia Makassar (1988)
-Sekolah Menengah Atas (1980)
-Sekolah Teknik Negeri (1976)
-Sekolah Dasar Negeri 008 Balikpapan(1972)

Riwayat Pekerjaan:
-Pengacara/Advokat (1988-2019)

Organisasi:
1.Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Hukum Makassar (1982-1985)
2.Ketua KDMI Syariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Makassar (1982-1985)
3.Wakil Ketua Pengurus Keluarga Pengajar Mahasiswa Kaltim (KPMKT) (1983-1986.
4.Wakil Ketua DPD KNPI Balikpapan (2002-2007
5.Sekretaris Umum Gerakan Anti Narkoba Kaltim (2002-2007)
6..Ketua Dewan Pengurus Ikatan Advokad (IKADIN) (2012-2019)
7.Wakil Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Kota.
8.Pembina Himpunan Masyarakat Sinjai (HIMAS) Sulses (2012-2022).

 265 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *