Jalur Lingkar Garuda Maharam Rusak Parah Dan Akan Ditutup

Bupati Kabupaten Balangan H Ansyaruddin memimpin Rakor dengan stakeholder terkait dalam rangka tindak lanjut penanganan jalur Lingkar Garuda Maharam yang rusak parah.(foto:Agus/indcyber.com).

INDCYBER.COM,PARINGIN- jalan lingkar Garuda Maharam rusak di sebagian titik dan harus di alihkan.Sejumlah titik di jalan lingkar Garuda Maharam mengalami kerusakan karna tidak mampu menahan beban dengan muatan bertonase.

Sebagian titik jalan Lingkar Garuda Maharam memang mengalami kerusakan dan perlu adanya pemeliharaan dan perbaikan, mengingat jalan alternatif tersebut merupakna Rute yg melewati Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ), dan perumah Bupati ( Rujab ) kabupaten Balangan.

Untuk menyingkapi kondisi Tersebut bupati Balangan H Ansyaruddin menggelar rapat koordinasi ( Rakor ) bersama Dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat ( PUPR ), Dinas Perhubungan (Dishub ), serta satuan lalulintas ( Satlantas ) Polres Balangan dan satpol PP Balangan.

Hasil Rekor Tersebut, menyimpulkan bahwa ruas jalan lingkar Garuda Maharam akan di tutup.

Bupati Balangan H Ansharuddin mengatakan jalan Lingkar Garuda Maharam yang notabenenya adalah jalan kabupaten, dan akan di tutup bagi kendaraan angkutan bertonase besar untuk menghindari kerusakan semakin parah dan akan segera di perbaiki.

“Lalu lintas sementara akan dialihkan ke Jalan Provinsi dan kerusakannya akan di perbaiki,” kata Bupati dihadapan awak media, pada Senin (1/2/2021).

Senada dengan yang dikatakan Bupati, Kepala Dinas (Kadis) PUPR Balangan Tuhalus, mengungkapkan jalan Kabupaten tidak mampu menanggung beban bertonase besar, jadi jalan tersebut akan ditutup.

“Saat ini jalan itu akan kita tutup dan dialihkan ke jalan Provinsi kemudian ke jalan Nasional, sehingga tidak melewati jalan Kabupaten lagi,” ungkapnya.

Kemudian Kadis membeberkan bahwa ada 6 titik kerusakan jalan akibat tidak mampu menahan beban yang selama ini dilalui oleh angkutan bermuatan besar akan diperbaiki menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), melalui dana pemeliharaan.

“Sumber dana perbaikan APBD, melalui dana pemeliharaan,” pungkasnya.

Adapun untuk skema pengalihan arus jalan tersebut, berupa Jika angkutan bertonase melebihi kapasitas yang sudah ditetapkan, yaitu maksimal 5 ton mengarah ke Tabalong, maka akan diarahkan mengambil Simpang kanan dari perempatan Masjid raya Al Akbar kemudian di perempatan Gunung Pandau di arahkan berbelok kiri mengarah ke Kota Paringin dan masuk jalan Nasional.

Sedangkan jika angkutan yang hendak mengarah ke Banjarmasin, maka akan diarahkan memasuki Kota Paringin setelah itu berbelok kekiri masuk Paringin Timur yang kemudian akan mengarah ke Gunung Pandau setelah itu diarahkan berbelok kanan lalu kemudian akan tembus ke perempatan Masjid Raya Al Akbar.

Selain itu, di sosial Media Polres Balangan juga dihimbau bagi sopir yang membawa beban bertonase besar, untuk melewati jalan alternatif lain.

Penulis: Agus Maulidin
Editor:Slamet Pujiono

 253 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *