Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan Mendapat Penghargaan Kabupaten Layak Anak(KLA) 2019

Indcyber.com, BALANGAN – Bertempat di Lapanagn Karebosi Makassar,  Selasa (23/07/2019) Dalam rangka Memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2019, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI memberikan beberapa penghargaan kepada Kabupaten Layak Anak (KLA)  2019.

Menteri (KPPPA) Prof. Yohana Susana Yembise. MA, yang akrab dipanggil dengan Mama Yo dalam sambutanya, “ mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang menjadi perintis kota layak anak ketika masih menjadi walikota Solo. Undangan-undang no. 35 tahun 2014 pasal 21 ayat 4 dan 5 mendorong pemerintah daerah bertanggung jawab mendukung pemerintah pusat dalam perlindungan terhadap anak.”

Indonesia sebagai bagian dari anggota PBB telah berkomitmen di tingkat internasional yang ditandai dengan diratifikasinya Konvensi Hak Anak (KHA) melalui Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 1990. Hal ini berarti Indonesia telah berkomitmen di tingkat Internasional untuk mendukung gerakan dunia untuk menciptakan World Fit for Children (Dunia Yang Layak Bagi Anak), yang kemudian dilakukan oleh Pemerintah Indonesia melalui pengembangan kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), dengan tujuan akhir Indonesia Layak Anak (IDOLA). Prinsip yang digunakan dalam pembangunan Anak Indonesia, mengacu pada KHA yaitu: Non Diskriminasi; Kepentingan Terbaik bagi Anak; Hak Hidup, Kelangsungan Hidup, dan Perkembangan; dan Menghargai Pandangan Anak.

Dengan adanya kebijakan KLA maka diharapkan setiap wilayah kabupaten/kota hingga ke tingkat kecamatan dan desa/kelurahan dapat mengembangkan sistem pembangunan yang berbasis hak anak sebagai implementasi dari KHA di era otonomi daerah. Pelaksanaan kebijakan KLA dijabarkan ke dalam 5 (lima) klaster yaitu: a. Hak Sipil dan Kebebasan; b. Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif; c. Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan; d. Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegitan Budaya; e. Perlindungan Khusus.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) menyelenggarakan malam penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak 2019 di hotel Four Points, Makassar pada 23 Juli 2019. Malam penghargaan ini diberikan guna mendorong pemerintah daerah tingkat II memenuhi kebutuhan anak Indonesia. Target KPPPA adalah Indonesia idola anak 2030.

Salah satunya, Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan yang mendapat penghargaan Kabupaten Layak Anak(KLA), Pemberian piagam penghargaan ini langsung diberikan oleh Menteri (KPPPA), Yohana Susana Yembise di Makassar, Selasa 23 Juli 2019.

Adapun syarat penetapan kabupaten KLA setelah memenuhi 24 indikator. Seperti tersedianya hak sipil dan kebebasan, serta pelayanan tata administrasi anak (akte kelahiran) di kantor pemerintah.

H Ansharuddin Bupati Kabupaten Balangan saat memberikan keterangan mengucapkan syukur atas penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) 2019 .

“Tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada semua yang terlibat baik  jajaran Dinas PPPA Balangan, stakeholder dan kepada seluruh masyarakat  yang mau berpartisipasi dalam upaya memenuhi kesejahteraan anak di Bumi Sanggam ini , terutama di bidang pendidikan dan kesehatan.” Ujar H Ansharuddin.

Harapnya “Mudah-mudahan dengan adanya penghargaan ini memacu semangat kita lagi untuk membangun inisiatif Pemerintah Kabupaten yang mengarah pada upaya transformasi Konvensi Hak-Hak Anak,”

Lanjutnya, “ bentuk apresiasi Pemerintah Pusat memberikan penghargaan KLA kepada Pememerintah  Kabupaten Balangan dan masyarakat  kali ini adalah karena telah berhasil  melakukan percepatan KLA dalam bentuk kebijakan,  kegiatan yang konkrit serta terprogram untuk pemenuhan hak anak dan perlindungan khsus anak.”

Peringatan HAN dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air. (hf)

 2,220 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *