Kalimantan Timur Persiapkan Putra Dayak Terbaik Sebagai Calon Presiden MADN Di Munas ke V Jakarta

Penyerahan benda benda Adat dari tokoh tokoh Adat Dayak se Kaltim yang mencalonkan DR Ir H Isran Noor,M.Si sebagai calon Presiden MADN di kediaman Ketua Dewan Musyawarah Adat Dayak Kaltim dan diterima langsung oleh Ketua Dewan Pertimbangan Adat Dayak Kalimantan Timur Bpk. H. Syaharie Jaang, SH, MSi dan Sekretaris Dewan Pertimbangan Adat Dayak Kalimantan Timur, Dr. Yulianus Henock SH, MSi.Selasa(15/6/2021).

INDCYBER.COM,SAMARINDA-Memasuki purna tugas Presiden Majelis Adat Dayak Nasional tahun ini maka MADN akan menggelar Munas MADN Ke V untuk memilih Presiden Majelis Adat Dayak Nasional periode 2021-2026.Agenda Munas itu sendiri akan digelar di Hotel Peninsula tanggal 18 hingga 20 Juni 2021 di Jakarta.

Deputi Presiden Majelis Adat Dayak Nasional yang juga Sekretaris Dewan Pertimbangan Adat Dayak Kaltim Dr Yulianus Henock,SH,.M.Si saat dikonfirmasi disalah satu hotel di Samarinda mengatakan jika Munas V Majelais Adat Dayak Nasional adalah ajang rutin lima tahunan guna memilih Presiden MADN.

“Munas V Majelais Adat Dayak Nasional(MADN)yang diselenggarakan di Hotel Peninsula Jakarta ini memang ajang lima tahunan memilih Presiden Majelis Adat Dayak Nasional.Dimana MADN ini adalah supremasi tertinggi dari pada adat Dayak se Indonesia serta mengangkat Presiden MADN dan Munas ke V ini memang sudah gilirannya Kalimantan Timur yang menjadi Presidennya.Sebelumnya Presiden pertama Gubernur Kalteng Teras Narang kemudian yang kedua Gubernur Kalbar Cornelis,”ujar Henock.

Masih lanjut Henock untuk Munas kali ini sudah seharusnya Presiden MADN berasal dari Kaltim.Dan saat ini sudah terjaring dua nama tokoh Kalimantan Timur,yaitu Gubernur Kaltim Isran Noor yang nota energi adalah putra Dayak Basap dan juga Bupati Kubar FX Yapan.

Saat ini kedua nama tersebut masih terus digodok dan akan ditetapkan sebelum Munas V Majelais Adat Dayak Nasional digelar.

“Yang ketiga secara giliran memang harus Kaltim dan saat ini telah mencari figur figur untuk menjadi Presiden dan telah muncul dua nama yaitu Isran Noor dan FX Yapan.Kalau dari para tokoh adat Dayak lebih condong memilih pak Isran tapi kaum milenial memilih FX Yapan namun dalam hal ini masih terus digodok untuk memunculkan satu nama yang akan dipilih sebagai Presiden Majelis Adat Dayak Nasional,”tuturnya.

“Sekali lagi ini semua masih digodok dan sebelum dilaksanakan Munas satu nama sudah kita tetapkan,”sambung Deputi MADN.

Perlu diketahui jika saat ini Syaharie Jaang sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Adat Dayak Kalimantan Timur hingga saat ini masih menggodok siapa nama yang layak untuk menjadi Presiden Majelis Adat Dayak Nasional dari Kalimantan Timur dan sebelum Munas pasti akan diumumkan siapa nama tersebut.

“Siapa saja berhak menjadi Presiden MADN lima tahun kedepan ada pak Isran dan pak FX Yapan namun jika bercermin pada pengalaman yang lalu dimana Presiden Majelis Adat Dayak Nasional ini selalu dari Gubernur,yang pertama Pak Agustin Teras Narang Gubernur Kalteng kemudian Presiden ke dua mantan Gubernur Kalbar pak Cornelis sehingga kami sangat berharap untuk Presiden Majelis Adat Dayak Nasional yang ketiga dalam Munas V Majelais Adat Dayak Nasional tahun 2021 ini adalah Pak Isran Noor Gubernur Kaltim,”pungkas suara para tokoh Dayak Kalimantan Timur.

 1,037 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *