Ketua KPK RI Sambangi DPRD Kaltim,Ini Kata Baharuddin Demmu

Ketua Fraksi PAN DPRD Kaltim Baharuddin Demmu.(foto:slamet/indcyber.com).

INDCYBER.COM,Samarinda-Kedatangan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI) Firli Bahuri ke Benua Etam diapresiasi Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Kaltim Baharuddin Demmu. Tujuan Ketua KPK menyambangi Benua Etam untuk menyampaikan tentang pentingnya pencegahan korupsi di hadapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan DPRD Kaltim.

Senada dengan apa yang disampaikan Ketua KPK Firli Bahuri, Bahar berharap pemerintah mentaati aturan. Utamanya, KPK mengingatkan pemerintah bahwa tahapan yang menyangkut pembahasan-pembahasan anggaran harus betul-betul dilaksanakan sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku.

“Sehingga pemerintah dan lembaga DPRD cukup hati-hati. Hal yang memang tidak sesuai mekanisme misalnya ada program yang tidak sesuai, saya kira itu harus dicegah,” ujar Bahar saat dijumpai di fraksi PAN DPRD Kaltim,Kamis(14/10/2021).

Ke depan, Bahar berharap semua pihak mengingat pesan Ketua KPK supaya berhati-hati dan menaati aturan saat proses perencanaan dan pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kaltim.

“Jadi apa yang menjadi kebutuhan rakyat ikuti aturannya, sehingga kalau sudah dimasukkan (program) tidak timbul masalah di kemudian hari,” ungkapnya.

Dalam kesempatan serupa, Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan bahwa untuk mewujudkan tujuan negara dibutuhkan peran seluruh rakyat termasuk anggota DPRD. Di mana peran dewan dalam rangka pembuatan penyusunan RAPBD yang dikerjasamakan dengan pemerintah daerah (Pemda).

“Karenanya anggota DPRD dalam rangka menyusun bersama-sama eksekutif. Penyusunan RAPBD harus menyasar kepada tujuan negara,” kata Firli Bahuri dijumpai usai pertemuan bersama DPRD Kaltim.

Untuk mewujudkan tujuan negara, proses penganggaran dikatakan Firli perlu dimulai dari beberapa tahapan. Mulai perencanaan, pelaksanaan, maupun pengesahan dan yang terakhir adalah pertanggungjawaban kepala daerah.

“Bagaimana kita bisa mempertanggungjawabkan seluruh anggaran digunakan tepat waktu, tepat guna, tepat sasaran untuk rakyat,” tambahnya lagi.

Usai kegiatan kunjungannya, Firli berharap ke depan semua pihak tidak boleh ada yang mengambil keuntungan dari program pemerintah.

“Pokok-pokok pikiran harus diarahkan menjadi satu program untuk mewujudkan tujuan negara,” sebut Firli.

Diketahui, kegiatan kunjungan Ketua KPK juga dihadiri Gubernur Kaltim Isran Noor, Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK beserta perwakilan pimpinan dan anggota DPRD di tiap kabupaten/kota. Kegiatan pun dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara tatap muka maupun virtual.

Penulis:Slamet Pujiono
Editor:Redaksi

 26 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *