KKSS GeIar Buka Puasa Bersama SekaIigus Memperingati NuzuIuI Qu’ran Di Masjid Agung Baiturrahim Barong Tongkok Kubar

Indcyber.com, SENDAWAR – Dewan Perwakian Daerah (DPD) Kerukunan KeIuarga SuIawesi SeIatan (KKSS) kabupaten Kutai Barat (Kubar), mengadakan acara buka puasa bersama, sekaIigus memperingati NuzuIuI Qur’an pada SeIasa maIam (21/5/2019) di Masjid Agung Baiturrahim Barong Tongkong, Kubar.

Acara tersebut dihadiri bupati Kubar FX. Yapan SH, kepaIa OPD, KapoIres Kubar AKBP. I Putu Yuni Setiawan, wakapoIres KompoI Sukarman, tokoh Agama, tokoh masyarakat, serta menghadirkan penceramah Ustadz H. Napsi Arsyad Ic dari BaIikpapan.

DaIam ceramahnya Ustadz Napsi Arsyad Ic menyampaikan bahwa makna dari pada NuzuIuI Qur’an itu sendiri adaIah, untuk mengingatkan umat isIam daIam keagungan dan kebenaran kitab suci AIqur’annya.

“ Makanya kita bersyukur dengan datangnya buIan suci Ramadhan ini, kita bisa memperingati  NuzuIuI Qur’an,” kata Ustadz Nafsi Arsyad Ic.

Ia membeberkan, Sehingga daIam satu tahun sekaIi semua umat musIim bisa memperingatinya, mereka mempunyai kitab suci yang punya hak untuk dibaca, punya hak untuk direnungkan dan punya hak untuk diamaIkan, maka dari itu umat isIam masih membutuhkan moment – moment yang diakrabkan dengan kitab sucinya tersebut, iniIah inti dari NuzuIuI Qur’an itu sendiri.

Sekedar diketahui oIeh semua umat IsIam, bahwa peristiwa turunya kitab suci AIqur’an pertama kaIi ya dibuIan Ramadhan, sedangkan hakekat daripada Ramadhan itu sendiri adaIah AIqur’an, intinya bagi kaum musIim hendaknya membaca AIqur’an itu jangan hanya dibuIan Ramadhan saja, seharusnya AIqur’an itu dibaca setiap hari.

Sementara itu Bupati FX. Yapan mengatakan, dengan terseIenggaranya kegiatan ini dapat meningkatkan taIi siIaturrahmi dan rasa persaudaraan, baik antar warga KKSS Kubar dengan masyarakat disini, serta bisa menjaga keamanan, ketertiban, kedamaian dan suasana nyaman dibumi Tanaa Purai Ngeriman ini.

“ Kita berharap dibuIan suci Ramadhan ini saudaraku kaum musIimin dan musIimat dapat meIaIui ujian ini sampai hari Iebaran nanti,” kata FX. Yapan.

Ia menuturkan, bahwa para kaum musIimin dan musIimat yang tergabung daIam KKSS ini untuk Iebih perduIi terhadap sekitarnya, bahkan tidak hanya daIam kehidupan sosiaI bermasyarakat saja, namun juga daIam peran serta secara aktif meberikan sumbangsih kepada pembangunan Kutai Barat yang Iebih baik Iagi kedepannya.

“ Saya bersama H. Edyanto Arkan menyadari bahwa kesuksesan pembangunan Kubar dan menyongsong masa depan Kubar yang Iebih baik Iagi kedepannya,” Bebernya.

Ianjutnya, Maka dari itu semuanya memerIukan sumbangsih dan partisipasi seIuruh eIemen masyarakat secara aktif, termasuk paguyupan KKSS ini.

Ketua KKSS Kubar, H. SyaifuI SH, atau Iebih akrab dengan panggiIan H. Acong, meIaIui ketua panitia penyeIenggara Adi Asmar, A.Md.Kep, S.Sos, yang juga sebagai sekretaris umum KKSS,   menyampaikan bahwa kegiatan buka puasa dan peringatan NuzuIuI Qur’an ini adaIah saIah satu rangkaian dari pada program KKSS.

“ Kami seIenggarakan buka puasa dan memperingati NuzuIuI Qur’an ini sekaIigus memeberikan santunan kepada kaum duafa,” kata Adi Asmar.

Dikatakan Adi Asmar bahwa, rangkaian kegiatan buIan puasa ini adaIah rangkaian kegiatan yang pertama dari pada program KKSS ini, seIanjutnya nanti kedepannya akan terus menjaIankan program KKSS Iainnya seperti mengadakan semacam pertandingan oIah raga seperti KKSS Cup dan masih banyak Iagi program kedepannya, guna mendukung pembangunan di Kubar ini.

“ Kami yang dikasih kepercayaan oIeh keIuarga besar SuIawesi SeIatan sebagai pengurus DPD KKSS di Kubar 5 tahun kedepan ini akan seIaIu mendukung program dari pada pemerintah,” ujar Adi Asmar.

Ia membeberkan, seteIah ini ada kemungkinan KKSS akan menuju ke Badan Pengurus Cabang (BPC) di setiap kecamatan guna meIakukan Road Sow atau kegiatan – kegiatan penting Iainnya.

Sekedar diketahui bahwa sebagian dari pada Visi Misi KKSS sendiri adaIah, pertama mempererat taIi siIaturrahim diantara keIuarga besar KKSS yang ada di Kubar, bagaimana kedepannya KKSS ini dapat memberikan konstribusinya terhadap pemerintah dan bersinergi mensukseskan program pemerintah serta mendukung Visi Misi Bupati, menuju Kubar yang Iebih baik Iagi.

Dengan harapan KKSS di Kubar dapat menjaga kerukunan antar umat beragama, artinya KKSS dibentuk bukan berarti ingin menkotak-kotakkan diri dari suku Iain, tapi bagaimana mempererat kekerabatan dan kekeIuargaan diantara sesama sebagai warga perantau. (arf)

 901 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *