Komisi III DPRD Kaltim Akan Meninjau Langsung Sarana dan Prasarana Arus Mudik Lebaran Tahun 2019

INDCYBER.COM, SAMARINDA – Memiliki fungsi kontrol, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur pun tak ragu melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap sejumlah tempat yang nantinya menjadi pusat arus mudik.

Anggota Komisi III DPRD Kaltim Syafruddin mengatakan akan ada rencana tinjauan ke lapangan  yang akan dilaksanakan, Rabu (29/5/2019) besok di terminal, jembatan, hingga jalan berstatus milik Kaltim.

“Terminal selalu dipadahi pemudik, jadi kelayakan kendaraan termasuk kebugaran supir merupakan hal yang wajib. Ini penting guna menghindari kemungkinan terburuk, karena bagaimanapun keselamatan penumpang yang utama,” kata Syafruddin.

Tak hanya itu, pengecekan pada jalan dan jembatan juga penting dilakukan sebab peningkatan arus kendaraan puluhan kali lipat jelang lebaran menjadi titik vital guna memastikan kelayakannya untuk dilalui ribuan kendaraan tiap harinya.

“Jangan sampai ada jalan yang bermasalah seperti berlubang, rusak atau bahkan longsor, sebab akan membahayakan terlebih bagi para pengendara yang tak hapal kondisi jalan. Tekan serendah mungkin angka lakalantas,” ucap Udin

Kalau nantinya ditemukan adanya pelangaran pihaknya akan memanggil dinas terkait untuk meminta bertanggungjawab karena merupakan bagian dari kewajibannya.

Politisi PKB itu menilai dari hasil pantauannya dan informasi dari masyarakat di sejumlah daerah memang pemerintah melalui instansi terkait melakukan perbaikan seadanya atau tambal sulam jalan yang berlubang jelang lebaran.

Pihaknya, menyayangkan hal tersebut sebab seharusnya perbaikan jalan dan sarana publik lainnya tak hanya dilakukan jelang meningkatnya arus mudik kendaraan saja, melainkan dilakukan melalui pola terukur dan terencana.

“Kan ada program pemeliharaan jalan dan jembatan serta sarana publik lainnya, ini harusnya dilakukan rutin dan jangan dilakukan parsial atau menunggu jelang lebaran saja kan anggarannya ada,”imbuhnya

Menurutnya, pengecekan dimaksud merupakan bagian dari tanggungjawab kinerja lembaga dewan khususnya Komisi III guna membantu memastikan keamanan dan kenyamanan para pemudik sehingga tak mengganggu momen berkumpul dengan sanak famili. (advertorial /sp).

 3,916 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *