Mahasiswa Fakultas Hukum Unmul Beri Sosialisasi Tentang Bahaya Bullying

INDCYBER.COM, SAMBOJA -Bullying (bahasa Inggris) atau perundungan/penindasan merupakan tindakan menggunakan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalah gunakan atau mengintimidasi orang lain.

Perilaku ini dapat menjadi suatu kebiasaan dan melibatkan ketidak seimbangan kekuasaan sosial atau fisik.

Hal ini dapat mencakup pelecehan secara lisan atau ancaman, kekerasan fisik atau paksaan dan dapat diarahkan berulang kali terhadap korban tertentu, mungkin atas dasar ras, agama, gender, atau kemampuan.

Tindakan penindasan terdiri atas empat jenis, yaitu secara emosional, fisik, verbal, dan cyber. Budaya penindasan dapat berkembang di mana saja selagi terjadi interaksi antar manusia, dari mulai di sekolah, tempat kerja, rumah tangga, dan lingkungan.

Akhir-akhir ini berita mengenai bullying atau lebih kita kenal dengan sebutan bully pada anak kembali marak. Lebih mirisnya lagi, salah satu pemberitaan menyebutkan bahwa bullying dilakukan oleh sekelompok siswi berpakaian seragam pada temannya. Begitu pula berita lain tak kalah menyedihkan, seorang mahasiswa dikerjain oleh teman-teman satu kelasnya.

Tindakan atau perlakuan Bullying ini mengkhawatirkan, karena selain menimbulkan rasa takut pada anak, rendah diri, dan rentan terhadap depresi. Itulah alasan mahasiswa KKN Fakultas Hukum Unmul Samarinda melakukan sosialisasi tentang dampak bullyng terhadap anak-anak sekolah dengan sasaran di MTSN 4 Samboja Kukar, Senin(15/7/2019).

Ratusan siswa-siswi yang menghadiri kegiatan tersebut sangat antusias mengikuti kegiatan sampai selesai didampingi guru dan Kepala Sekolah.

Koordinator kegiatan, Andi Muhammad, menyatakan bahwa mereka melakukan kegiatan ini karena diberi tugas oleh dosen untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Lebih lanjut Andi Muhammad menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi mengenai apa itu bullying, dampaknya, dan cara mencegahnya.

“Dan kami koordinasi ke pihak sekolah dan mendapat respon positif terkait kegiatan ini,” ujar Andi kepada indcyber.com usai sosialisasi. (nurdin)

 2,925 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *