Manfaatkan Moment TMMD, Kodim 0906 Tenggarong Gelar Penyuluhan Pertanian & Perikanan

Indcyber.com, Kutai Kartanegara (Sabtu, 27/10/2018) – Dalam rangka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 tahun 2018, Kodim 0906 Tenggarong  bekerja sama dengan UPT Pertanian Kecamatan Muara wis, menggelar penyuluhan Pertanian dan Perikanan kepada Masyarakat Desa Melintang. Kegiatan ini sendiri berlangsung di kantor Desa Melintang, Kecamatan Muara Wis, Kutai Kartanegara yang dihadiri puluhan warga yang mewakili dari 17 Rukun Tetangga di Desa tersebut.

Kepala UPT perikanan Air Tawa, Ali Rahman dalam kesempatan ini mengimbau kepada warga agar mengaktifkan kembali kelompok budidaya ikan air tawar, serta dapat mengembangkan usaha mikro desa dari hasil produk olahan seperti ikan asin dan kerupuk.

“ Kami imbau warga agar tetap mengaktifkan kelompok budidaya ikan air tawar, serta dapat mengembangkan usaha mikro seperti pembuatan ikan asin dan kerupuk, tak hanya usaha yang dimiliki warga juga memiliki badan hokum yang jelas agar segera membentuk koperasi yang di kelola warga sendiri, dan yang terpenting masyarakat Desa melintang jika menangkap ikan jangan menggunakan strum, karena dapat merusak keberlangsungan ikan air tawar di Danau Melintang,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Hortikultura Dinas Pertanian Kutai Kartanegara, Suhardi juga menyampaikan kepada warga Desa Melintang bagaimana cara menanam sayuran dan buahan dengan menggunakan polibek, pasalnya di Desa melintang tidak miliki lahan pertanian.

“ Selain memberikan penyuluhan bagaimana memanam sayuran dan buahan di polibek, kami juga memperkenalkan obat pembasmi hama, dan di sisi lain juga perlu di bentuknya kelompok tani di Desa Melintang ini, agar bisa mendapatkan bantuan alat pertanian dengan cara mengajukan proposal ke Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Kartanegara,” tutupnya.(*)

 

 232 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *