Melalui Peringatan BBGRM & HKG – PKK Masyarakat Harus Selalu Berjiwa Gotong Royong.

Bapati FX Yapan Menandatangani Piagam Pembangunan Infrastruktur Jalan (ft/arf)


Indcyber.com, SENDAWAR – Peringatan hari Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang ke-16, dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) – PKK yang ke -47, yang di gelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) bersama  penggerak PKK kabupaten  Kutai Barat (Kubar).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 16 kecamatan se-Kubar, dan berlangsung pada Kamis (4/7/2019), dilapangan sepak bola, kampung Jengan Danum, kecamatan Damai, Kubar.

Hadir dalam acara tersebut, bupati Kubar FX. Yapan SH. Wabup H. Edyanto Arkan SE, Drs. Yacob Tullur, Kadis DPMK Faustinus Syaidirrahman, ketua PKK Yayuk Seri Rahayu Yapan, kepala OPD dilingkup Pemerintah, 16 Camat se-Kubar, para kepala kampung, perwakilan perusahaan,tokoh adat, agama, dan masyarakat kecamatan Damai.

Bupati FX. Yapan menyampaikan bahwa dalam memberdayakan masyarakat hususnya keluarga adalah salah satu program dari pusat yang harus dilaksanakan dengan rutin setiap tahunnya.

Yapan mengatakan bahwa melalui pencanangan BBGRM dan HKG PKK dapat membangkitkan jiwa gotong royong, melalui peran para tokoh masyarakat di kampung, guna mewujudkan pembangunan di daerah, mengingat saat ini jiwa gotong rorong di lingkungan masyarakat sudah mulai terkikis.

“ Ingatan saya masih kuat hingga saat ini, waktu orang tua saya jadi kepala kampung,” kata Yapan.

Ia menuturkan bahwa, kalau sudah kepala kampung bawa masyarakatnya  gotong royong, ada rasa malu kalau tidak ikut gotong royong, apapun itu, baik gotong royong jalan, rumah bahkan ladang jaman dulu itu juga gotong royong.

“ Seperti itu yang saya salut dari orang tua dulu,” ungkapnya.

Lanjutnya, akan tetapi hingga saat ini warisan orang tua dulu itu tidak dipertahankan oleh masyarakat Kubar ini.

Maka dari itu melalui BBGRM dan HKG PKK ini, pemerintah kabupaten berharap supaya jiwa gotong royong ini dilestarikan , memang tidak bisa sekaligus, Cuma mulai dari sekarang jiwa gotong royong ini harus dipertahankan.

Ketua PKK Yayuk Seri Rahayu Mengunjungi Pameran PKK didampingi Buapti FX. Yapan (ft/arf)

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan mengharapkan melalui kegiatan tersebut, seluruh jajaran Tim Penggerak PKK mulai tingkat Kabupaten hingga Kampung, lebih semangat lagi dalam menjalankan 10 Program Pokok PKK guna membantu Keluarga yang ada di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

“ Saya berharap seluruh tim penggerak PKK baik kabupaten, kecamatan, kampung lebih semangat lagi melaksanakan 10 program pokok PKK,” kata Yayuk SR

Ia mengatakan, sehingga bisa membantu masyarakat hususnya dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga, kegiatan pencanangan BBGRM  dan HKG PKK di Kubar dirangkai dengan  pameran UP2K  dari 16 kecamatan se-Kubar.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan piagam pembagunan ifrastruktur dikampung Jengan Danum, kecamatan Damai, dilanjutkan dengan pembagian hadiah dari berbagai kegiatan lomba yang dilaksanakan tim penggerak PKK dan DPMK. (arf).

 1,139 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *