MTQ ke XIII Resmi di Buka Wakil Bupati Kubar

indcyber.com, SENDAWAR – Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke XIII, tingkat kabupaten Kutai Barat (Kubar), yang di selenggarakan di lapangan sepak bola, kampung Rejo Basuki, Kecamatan Barong Tongkok, pada Minggu malam (10/11/2018) secara resmi di buka Wakil Bupati (Wabup) Kubar H. Edyanto Arkan.

Dalam sambutannya Wabup menyampaikan, Solawat dan salam kita haturkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, kegiatan MTQ merupakan agenda pemerintah baik tingkat pusat maupun daerah siseluruh wilayah Indonesia.

Pemda Kubar melaksanakan MTQ ini setiap tahun sekali, dalam rangka mencari Qori dan Qoriah yang berbakat dan selanjutnya mengikuti MTQ di tingkat propinsi.

“ Tujuan dari pada penyelenggaraan MTQ ini adalah, meng – Agungkan Asma Alloh dan meningkatkan semangat membaca, mempelajari serta mengamalkan isi alquran,” kata Edyanto Arkan.

Dikatakan Edyanto Arkan, MTQ tidak hanya sebagai perlombaan yang memadukan antara suara merdu dan keharmonisan, baik lagu maupun irama tanpa melanggar kaedah tajwid, namun para Qori dan Qoriah menjadi fasilitator terpilih yang dapat melakukan si`ar untuk semakin meningkatkan Iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sementara itu ketua panitia Denasius menyampaikan, MTQ dilaksnakan sebagai bentuk realisasi program bersama mendukung pembangunan Kubar, sehingga terwujud Kubar yang mendiri dan sejahtera berlandaskan ekonomi kerakyatan dan peningkatan kuwalitas sumber daya manusia.

“ Kegiatan MTQ ini berlangsung selama enam hari, mulai tanggal 10 – 16 Nopember 2018,” kata Denasius.

Ia mengatakan, MTQ kali ini mempertandingkan sebanyak 15 katagori dengan jumlah perserta 326 orang di tambah pendamping 208 orang, total menjadi 534 orang, target dari pada kegiatan ini adalah, terciptanya kejuaraan peserta MTQ yang siap mengikuti  MTQ tingkat propinsi Kalimantan Timur, yang akan dilaksanakan di Kabupaten Paser tahun 2019 mendatang.

Acara tersebut mendatangkan Qoriah Ternama Hj. Sri Wahyuni, asal Samarinda Kalimantan Timur, yang juga juara Internasional di Iran. (arf)

 132 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *