MUSYAWARAH BESAR KERUKUNAN SUKU DAYAK KENYAH LEBUQ TIMAI KE-2

indcyber.com, Tenggarong – Musyawarah Besar atau disingkat dengan Mubes adalah sebuah acara Akbar yang di selenggarakan oleh suku Dayak Kenyah Lebuq Timai dan laksanakan di Desa Umaq Dian Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai tuan rumah tahun ini, Acara Mubes yang berlangsung 7 hari sejak Tanggal 02 s/d 07 Oktober 2017 berjalan dengan lancar sesuai apa yang telah di tentukan dan disepakati oleh para Panitia Penyelenggara. Kelangsungan acara tesebut dimeriakan dengan berbagai ragam Tarian Trdisional maupun beragam perlombaan serta pertandingan Olah Raga baik dari Olah Raga Sepak Bola, Volly Ball, Tenis Meja dan termasuk perlombaan tarian Trdisional seperti Tari Tunggal, Tari Perang, Tari Ngasing, Tari Ajai dan Datun Julut serta Tarian Tradisional lainnya yang bernuansa Dayak Kenyah pada umumnya termasuk lomba perahu.

Acara Mubes kali ini bertema “ PEKUEQ KIMET” yang di ambil dari bahasa suku Dayak Kenyah Lebuq Timai dan memiliki berbagai arti dan makna. PEKUEQ KIMET, bisa diartikan sehati, sepemikiran, sinergi, searah, satu tujuan untuk membangun kebersamaan dengan seutas tali ikatan persaudaraan yang erat tanpa terpisahkan oleh siapa pun juga. Bahkan acara  Mubes kali ini di dukung oleh beberapa Tokoh Masyarakat, Pemerintah, dan sumbangsi dari beberapa Prusahaan serta simpatisan dari  Masyarakat.

Musyawarah Besar Kerukunan Dayak Kenyah Lebuq Timai di buka resmi oleh Wakil Bupati Kutai Kartanegara “Drs.Edy Damansyah” pada Tanggal,06 Oktober 2017. Edy Damansyah disambut hangat oleh warga dan para tamu undangan. Kemudian dalam acara Mubes kali ini selain Wakil Bupati Kutai Kartanegara, beberapa Kepala Dinas  pun turut menyaksikan acara tersebut, seperti Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, Kepala Dinas Pendidikan, dan Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan. Dalam sambutan Ketua Umum Musyawarah Besar Kerukunan Dayak Kenyah Lebuq Timai Yahya Alatas Ubay-red “ Dalam acara Mubes ini kami sanagat berterima kasih kepada seluruh lapisan Masyarakat khususnya Masyarakat Suku Dayak Kenyah Lebuq Timai yang senantiasa mendukung serta mengorbankan tenaga, pikiran, serta waktu dalam mengikuti acara ini sehingga berjalan dengan apa yang kita harapkan” Pungkas Yahya Alatas Ubay. Demikian juga dengan Drs. Edy Gunawan Areq Lung  selaku Ketua Kerukunan Dayak Kenyah Lebuq Timai yang kerap disapa dengan nama Lagun, menjelaskan dengan tegas bahwa Suku Kenyah Lebuq Timai harus memiliki satu hati, satu jiwa, dan satu tujuan dalam membangun serta memperjuangkan Adat istiadat yang telah di turunkan oleh Leluhur.  mrg

 309 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *