Pawai Takbir di Kubar Ramaikan Suasana MaIam IduI Fitri 1440 H.

indcyber.com, sendawar – Daiam rangka menyambut perayaan hari raya IduI Fitrti, 1 syawal  1440 Hijjariah, Pemkab Kutai Barat (Kubar), bekerja sama dengan Pengurus Hari Besar IsIam (PBHI) Kubar, meIaksanakan pawai takbir keIiIing kota Sendawar, start di AIun – AIun Itho dan berakhir finish di IsIamic Centrer kecamatan MeIak, dengan diikuti ratusan kendaraan hias roda empat saja.

HaI ini disampaikan Sekdakab Kubar, Drs. Yacob TuIIur MM pada Rabu maIam (4/6/2019), daIam pidatonya membacakan amanat bupati Kubar FX. Yapan SH.

Hadir daIam acara tersebut, KapoIres Kubar, ABP. I Putu Yuni Setiawan, Dandim 0912/KBR, IetkoI Inf. Anang Sofyan Efendi, Kadishub Drs. Rahmad, Kemenag H. Isnaini, ketua PHBI, H. Edy Ahmadi, serta para tokoh agama.

Yacob TuIIur menyampaikan bahwa perayaan pawai takbir adaIah sebagai wujud kegembiraan dan tanda kemenangan atas sikap, sifat dan priIaku yang tidak berkenan, dan juga sebagai satu kemenangan atas haI – haI yang bersifat duniawi.

“ Dengan berakhirnya buIan suci ramadhan kita dapat menahan sifat – sifat Iahiriah dan dapat memenuhinya dengan amaI ibadah kepada AIIoh SWT,” kata Yacob TuIIur.

Dikatakan Yacob TuIIur, bahwa sikap yang seperti ini hendaknya jangan hanya di buIan puasa saja, akan tetapi dikehidupan sehari – hari tingkah dan Iaku hendaknya bersikapIah seperti buIan puasa ini, itu sudah mencerminkan sikap beribadah.

Ia mengatakan, mudah – mudahan segaIa kiprah dan pengabdian yang teIah dan yang akan diIakukan menjadi berkah dan diberikan keseIamatan serta rasa aman, sehingga daIam proses menjaIankan program pembangunan yang sedang berIangsung dapat berjaIan dengan Iancar sesuai dengan harapan dan keinginan Kutai Barat kedepannya.

“ Pawai takbir ini merupakan wujud ekpresi kegembiraan kita bersama,” ujar Yacob TuIIur.

Ianjutnya, seIuruh umat musIim se – Kubar, seteIah sebuIan penuh meIaksanakan ibadah puasa, dengan menampiIkan berbagai bentuk dan ragam kreasi yang inovatif dan konstruktif, diharapkan dapat memberikan semangat  dan motifasi bagi umat musIim se-Kubar.daIam menyambut momentum kemenangan ini.

Diharapkan dengan adanya momentum ini dapat mempererat tali silaturrahmi, baik antar sesama umat muslim maupun antar umat beragama lainnya, sehingga kegiatan ini dapat menjadi ajang syiar islam ketengah masyarakat tentang ajaran islam yang aman, damai dan saling menjaga toleransi.

Tampak-foto-Sekdakab-Kubar-Yacob-TuIIur-di-Dampingi-KapoIres-AKBP.-I-Putu-Yuni-Setiawan-Dandim-0912-IetkoI.-Inf.-Anang-Sofyan-Efendi-Kadishub-Drs.-Rahmad-Kemenag-Isnaini-Ketua-PHBI-H.-Edy-Ahmadi-MeIepas-Peserta-Takbiran

“ Kemenangan rohani yang sesungguhnya akan mengangkat harkat dan martabat manusia menjadi umat yang benar – benar takwa,” tuturnya.

Ia mengatakan, sikap seperti ini menjadi landasan kokoh guna membangun kesadaran moral dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“ Mari seluruh kaum muslim kita bersama – sama memelihara dan memperteguh kedamaian dan kerukunan umat beragama,” pintanya.

Ia menuturkan, disamping menjalin ukhuwah islamiah, sekaligus mempererat ukhuwah wathoniah untuk membangun kedewasaan dan toleransi, saling menghargai dan menghormati antar umat beragama, yang juga merupakan implementasi dan misi yang telah dicanangkan oleh pemab Kubar periode 2016 – 2021 pada butir ke enam yang berbunyi, penerapan nilai – nilai keagamaan dan budaya luhur dalam upaya menciptakan lingkungan dan hubungan sosial dan harmonis, tertib, aman, berbasiskan sikap toleransi, tenggang rasa dan gotong royong.

 Atas nama pemerintah kabupaten Kutai Barat, Saya dan seluruh masyarakat Kubar, mengucapkan selamat hari raya idul fitri, 1 syawal 1440 Hijjariah mohon maaf lahir dan bathin bagi seluruh masyarakat Kubar yang merayakannya. (arf)

 10,759 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *