PC PMII Kukar Gelar Aksi Damai Anti Hoax

Indcyber.com, Kukar – PC PMII Kutai Kartanegara menggelar aksi damai anti hoax pada 8 Oktober 2018 di depan Pasar Seni jalan Diponegoro, Tenggarong pada pukul 16.00 wita. Demo dilakukan oleh 28 orang anggota PMII ini membawa spanduk dengan bertuliskan “PC PMII Kab Kukar Menolak Berita HOAXS, Provokasi Adu Domba, Fitnah, Mari Wujudkan Pemilu Aman dan Damai”

Aksi damai di hadiri Ketum PC PMII Kukar Jimi Wijaya dan Koordinator lapangan Aswindra Hidayat juga selaku Ketua II (dua) PC PMII Kabupaten Kutai Kartanegara dalam orasinya Aswindra mengatakan bahwa, PC PMII Kabupaten Kutai Kartanegara menolak berita hoax, provokasi, dan adu domba. Untuk itu masyarakat harus bijak menggunakan media sosial.

Dalam aksi tersebut PC PMII Kukar menyampaikan beberapa tuntutan yakni menolak berita hoax, provokasi, menolak berita SARA yang memecah bangsa, menolak ujaran kebencian dan fitnah.

Juga di sampaikan dalam oransinya Aswindra Hidayat mengatakan bahwa, produk media sosial adalah informasi mentah yang dikemukakan oleh individu yang belum bisa dipertanggung jawabkan.

Sementara itu situasi terpecahnya netizens di dalam social media, dapat saja dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok extrimis tertentu yang mengambil kesempatan untuk memecah belah ideologi berbangsa. “Parahnya Informasi hoax masih saja terjadi ditengah bencana gempa dan tsunami di Lombok dan palu,” cetusnya.

Aksi damai yang telah lama di gagas oleh PMII Cabang Kukar, baru dapat terlaksana pasca memperingati hari berkabung nasional yang di isi oleh rekan PC PMII Kukar dengan aksi penggalangan bantuan dana bencana atas korban gempa yang terjadi di Sulteng.

Pada saat di sambangi oleh rekan media saat jeda orasi Aswindra memberikan statementnya “situasi hari ini yang terjadi di media sosial sangat membingungkan dan cenderung ke arah membahayakan, jika kita salah dalam menganalisis demikian itu, bisa menimbulkan salah paham ke sesama dan juga memicu paham yang salah secara meluas,” ujar Aswindra.

Aparat Kepolisian dari Polres Kukar melalui Kapolres AKBP Anwar Haidar, S.Ik.,M.Si yang diwakili Iptu Tarmuji hadir selaku pihak pengamanan dengan didukung 25 anggota dari Polsek Tenggarong dan Polres Kukar.

Aksi damai yang dilaksanakan PC PMII Kab Kutai Kartanegara sebagai konsensus bersama dalam mewujudkan kampanye damai bermedia sosial menyongsong Pileg dan Pilpres 2019 yang diharapkan berjalan aman dan damai untuk wilayah Kab Kutai Kartanegara

Demonstrasi berakhir pada pukul 17.35 wita dengan tertib. Sebelum mengakhiri aksi damai beberapa rekan mahasiswa PMII yang hadir dalam aksi melakukan penandatangan spanduk anti hoax dan diakhiri dengan foto bersama.(mir/ppn)

 155 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *