PDI Perjuangan Kaltim Berbagi Di Hari Qurban 10 Dzulhijjah 1441 Hijriah

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun (baju kotak kotak berkopiah hitam) foto bersama dengan Ketua Fraksi PDIP DPRD Kaltim,Ananda Emira Moeis dan salah satu Pengurus DPD PDIP Kaltim sesaat sebelum pemotongan hewan kurban,Sabtu(1/8/2020).(foto istimewa)

Penulis:Slamet Pujiono
Editor: Fahri
INDCYBER.COM,SAMARINDA-Idul Adha atau yang juga dikenal sebagai Hari Raya Qurban merupakan salah satu hari besar bagi agama Islam. Hari Idul Adha dimulai tanggal 10 Dzulhijjah sampai dengan 13 Dzulhijjah (hari tasyrik).

Pada hari tersebut, diperingati peristiwa Nabi Ibrahim yang mengurbankan putranya untuk Allah SWT. Karena kesungguhan dan keteguhan hati Nabi Ibrahim, Allah SWT menggantikan putranya dengan seekor domba untuk disembelih.

Selain peristiwa qurban, pada Hari Raya Idul Adha juga diketahui sebagai puncaknya ritual ibadah haji umat muslim yaitu wukuf. Wukuf di Padang Arafah merupakan ibadah paling utama yang dilakukan dalam rangkaian ritual haji.

Seperti halnya yang dilakukan oleh DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kalimantan Timur berbagi hewan kurban 6 ekor sapi,
yang dipotong di Mako DPD BAGUNA Jalan Kartini Samarinda, Sabtu (1/8/2020).

Pemotongan hewan kurban dilakukan bersama DPD PDI-P, BAMUSI dan DPD BAGUNA Kaltim dengan dibantu warga sekitar.

“Alhamdulillah pada Hari Raya Idul Adha tahun ini DPD PDI-P Kaltim melaksanakan qurban dengan menyembelih sebanyak 6 ekor sapi sebagai hewan kurban.Pemotongan hewan kurban di lakukan di Mako BAGUNA Kaltim bersama dengan BAMUSI dan DPD BAGUNA Kaltim serta dibantu warga sekitar,”ujar Samsun Pengurus DPD PDIP Kaltim yang juga Wakil Ketua DPRD Kaltim kepada indcyber.com via pesan singkat WhatsApp.

Politisi Senior PDI-P Kaltim ini juga menegaskan jika pemotongan hewan kurban ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, untuk pencegahan dan menghindari penyebaran covid 19.

“Adapun acara ini dilaksanakan dalam rangka turut merayakan hari raya Iedul Adha 1441 H, dimana makna Iedul Adha adalah pengurbanan untuk berbagi dengan sesama.Juga perlu diketahui bantuan 6 ekor sapi tersebut dari hasil gotong royong kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kaltim,”tutur Wakil Rakyat Dapil Kutai Kartanegara ini.

Sementara itu daging kurban dibagikan kepada warga sekitar, kader dan pengurus Partai, serta dibagikan ke warga binaan Rutan Kelas II A Sempaja sebanyak 500 paket daging hewan kurban.

Pemotongan kurban selain dihadiri Wakil Ketua DPRD Kaltim yang juga Bendahara DPD PDI-P Kaltim Muhammad Samsun juga hadir Ananda Emira Moeis selaku Sekretaris DPD PDI-P Kaltim yang juga sebagai Ketua Fraksi Partai PDIP DPRD Kaltim,Supratono Wakil Sekretaris,
Wahyu Hidayat Wakil Ketua,Sevana Podung Wakil Ketua,Yemi Ros Wakil Ketua,Veridiana Huraq Wang Wakil Ketua dan sebagai Ketua Komisi II DPRD Kaltim serta Roy Hendriatmo Wakil Ketua DPD.

Perlu diketahui bahwa Idul Adha dimaknai sebagai hari besar untuk memperingati peristiwa penyembelihan Nabi Ismail oleh ayahnya sendiri yaitu Nabi Ibrahim. Selain itu, umat Islam juga memaknai hari ini sebagai tanda puncaknya ritual ibadah haji di Mekkah. Namun sebenarnya, ibadah Idul Adha tidak hanya penyembelihan hewan qurban dan ibadah haji. Ada banyak makna serta hikmah lainnya yang dapat diambil dari hari Idul Adha.

Makna Perayaan Idul Adha

Selain ibadah qurban dan haji, berikut ini adalah makna-makna dari perayaan Hari Raya Idul Adha yang belum diketahui:

1.Semangat Berbagi untuk Sesama
Memperingati Hari Raya Idul Adha, setiap umat Muslim yang mampu dianjurkan untuk membeli dan menyembelih hewan qurban. Setelah itu, daging qurban tidak hanya disantap bersama keluarga tapi juga dibagikan kepada tetangga, saudara, serta orang-orang yang membutuhkan. Dari kegiatan ini, Idul Adha dapat menumbuhkan semangat berbagi dan tolong menolong untuk sesama.

2.Memberikan Pengorbanan
Ibadah pada hari Idul Adha mengajarkan umat Islam untuk selalu memberikan pengorbanan kepada segala sesuatu yang dilakukan.

3.Memberikan Keikhlasan
Idul Adha dapat mengingatkan umat muslim untuk senantiasa ikhlas atas cobaan yang diberikan. Dengan ikhlas, ujian seberat apapun InsyaAllah akan mendapatkan hikmah yang terbaik dari Allah SWT.

4.Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT
Sesuai makna dari kata Qurban yang berasal dari kata Quraba atau dekat, ibadah qurban pada hari Idul Adha memiliki makna kedekatan. Tak hanya mendekatkan diri kepada Allah SWT, Idul Adha juga menjadi sarana mendekatkan diri pada keluarga dan saudara.

5.Silaturahmi
Pada Hari Raya Idul Adha, terdapat tradisi mengunjungi sanak saudara. Interaksi dengan tetangga dan kerabat dapat terjalin ketika pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban.

6.Segalanya Milik Allah SWT
Melalui perayaan Idul Adha, umat muslim menyadari bahwa apa yang ada di langit dan bumi adalah milik Allah SWT. Semua harta benda yang dimiliki sejatinya adalah milik Allah SWT.

 116 total views,  5 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *