Pemkab Kubar Peringati Haornas ke 36 Tahun 2019

Indcyber.com, SENDAWAR – Pemerintah kabupaten Kutai Barat ( Pemkab Kubar), melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) memperingati Hari Olah Raga Nasional (Haornas) ke 36 Tahun 2019, dengan mengusung tema “ Ayo Olahraga, Dimana Saja dan Kapan Saja”  peringatan ini diikuti seluruh OPD dilingkup pemkab Kubar, dengan melakukan senam bersama di alun – alun Itho, pada Senin (09/09/2019).

Wakil Bupati (Wabup) H. Edyanto Arkan SE membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengatakan, bahwa makna daripada tema tersebut adalah, olahraga itu mudah,  dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Dikatakan Edyanto Arkan bahwa, olahraga menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan difasilitas olahraga yang tersedia, dan olahraga tidak hanya jasmani saja melainkan rohani juga.

“ Dengan sehat rohani kita telah mendukung kebijakan bapak Presiden tentang revolusi mental serta SDM Unggul dan Indonesia Maju,” kata Edyanto Arkan.

Edyanto Arkan menjelaskan, bahwa pembinaan atlet muda berbakat yang didukung oleh talent identification dan talent scouting yang tepat, telah dibuktikan pula pada perhelatan ASEAN Schools Games (ASG) 2019 di Semarang.

Indonesia tidak hanya sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum, namun secara keseluruhan Indonesia mampu melampaui target dengan mengoleksi 43 emas, 34 perak dan 25 perunggu.

“ Pada perhelatan Asean Game dan Asean Paragames kita mendapatkan kado yang istimewa dari para atlit nasional,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa, pada ajang Asean Game 2018 lalu mendapatkan peringkat ke 4, dengan perolehan 98 medali yang terdiri dari 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu, dan yang lebih membanggakan lagi atlet distabilitas mampu mencetak sejarah menjadi peringkat ke 5 ajang Asean Paragames 2018 dengan 135 medali dengan 37 emas, 47 perak dan 51 perunggu.

“ Itu pertanda bahwa, kita telah menata fondasi olahraga prestasi yang cukup kuat dimulai dari usia dini dan atlit unggulan hingga ke atlit Desabilitas,” ungkapnya.

Lanjutnya, bangsa Indonesia memiliki harapan besar untuk membangun olahraga prestasi dengan melakukan pembinaan secara berjenjang, dan tahun ini sudah menyiapkan atlit – atlit yang akan bertanding dalam perhelatan Olimpiade dan Parampiliade tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Tokyo Jepang. (adv/arf)

 422 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *