PEMUDA PANCASILA DAN PPNI KALTIM, LEPAS RELAWAN KE PALU.

Indcyber.com, Kaltim – Pemuda Pancasila Kalimantan Timur, pada kamis (4/9/2018) mengirim Bantuan Logistik dan 129 Relawan ke Palu.

Relawan Pemuda Pancasila (PP) di persiapkan melalui Ketua Umum H.M. Said Amin, SH. Di wakili oleh Agus Suwandi Wakil Ketua MPW Pemuda Pancasila Kaltim. Relawan serta bantuan logistik di berangkatkan dari pelabuhan Samarinda, menggunakan kapal tunda.

Pada misi kemanusian penanggulangan bencana gempa dan tsunami di sulawesi tengah tersebut, Pemuda Pancasila Kalimantan Timur mengirimkan bantuan logistik berupa sembako, pakaian layak pakai. Sementara dari 129 relawan tegabung 9 relawan paramedis dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kaltim di bantu PPNI Kutai Kartanegara yang tergabung pada Pemuda Pancasila MPW Kaltim juga ikut melepas rewalan Paramedis sebanyak 9 orang relawan, beserta kelengkapan peralatan medis dan obat-obatan, sarana transportasi roda enam hingga kendaraan roda dua untuk mempermudah jangkauan penyaluran bantuan ke setiap lokasi. demikian halnya di sampaikan Agus Suwandi.

“Hari ini kami bersama 129 relawan pemuda pancasila berangkat dari pelabuhan Samarinda menggunakan kapal tongkang/kapal tunda menuju Pantoloan Sulawesi Tengah. Selain membawa logistik berupa bahan makan, tenda, pakaian, dan obat-obatan. Kami juga mengirim 11 truck dalmas, 7 unit mobil 4×4 double cabin, 20 unit motor trail. Tujuannya agar mempermudah mobilisasi relawan dan penyaluran bantuan.” Ujar Agus Suwandi (Wakil Ketua MPW Pemuda Pancasila Kaltim)

PPNI Kaltim yang di koordinir oleh Jerin Koordinator relawan medis beserta  9 orang anggotanya, terbagi 3 dari Samarinda dan 6 dari Kukar dari 9 orang relawan medis yang berangkat besrta rombongan, juga merupakan bagian dari Pemuda Pancasila Kaltim diantaranya, 

– Muhammad Rudini, Amd. Kep. (RSU Abdoel Moeis Smd) – Muhammad Ihwan, Amd. Kep. (RSU Abdoel Moeis Smd) – Misriwanto, Amd. Kep. (RSU Abdoel Moeis Smd).

– Hamsyah, Amd. Kep. (RSU Samboja/Puskesmas Handil Baru Kukar) – Aspianur, Amd. Kep. (RSU Parikesit Tgr) – Irfan Nur, Amd. Kep. (RSU Parikesit Tgr) – Agus Hidayat, Amd. Kep (Puskesmas Muara Badak Kukar) – Hermansyah, Amd. Kep. (Puskemas Muara Badak Kukar) – Sarip Bin Johan, Amd. Kep. (Puskemas Muara Badak Kukar).

Odi Wira Putra Perwakilan dari PPNI Kutai Kartanegara menyampaikan penyataanya, terkait pengiriman relawan dari PPNI Kukar sebanyak 6 orang, membantu tim relawan medis PPNI Kaltim 3 orang. “Kami semua juga tergabung dalam Pemuda Pancasila, semua kegiatan kemanusiaan ini adalah bentuk kepedulian dan rasa nasionalisme kami terhadap situasi bencana yang melanda Sulawesi Tengah dan sekitarnya,” ujar Odi

Para relawan akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 20 jam melalui jalur sungai dan laut menuju Kabupaten Pantoloan yang di Koordinir langsung oleh Jerin Anggota MPW PP Kaltim untuk selanjutnya menempuh jalur darat hingga ke lokasi bencana di Palu Sulawesi Tengah.

Relawan yang diberangkatkan, sebagian besar merupakan tenaga ahli di bidang masing-masing, seperti tenaga medis hingga mekanik pun di turunkan, demi mangantisipasi masalah kerusakan akomodasi saat di perjalanan.

Keberangkatan relawan ini, sudah di persiapkan, karena melibatkan tenaga-tenaga profesioanal “untuk itu beberapa paramedis kita siapkan sebelumnya, untuk tim kesehatan ada tenaga medis, dokter dan perawat. Kemudian ada bidang transportasi, logistik dan akomodasi semua ada yang menkoordinir,” imbuh Agus Suwandi yg ditemui di pelabuhan Samarinda pada Kamis Sore.

Dijadwalkan, relawan Pemuda Pancasila akan melakukan kegiatan penanggulangan bencana selama 7 hingga 10 Hari di Palu Sulteng “Pancasila Abadi”.(mir/owp/FM)

 221 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *