Penumpang Bandara Melalan Sendawar Meningkat, Harus Pesan Tiket Minimal 3 Hari Sebelum Berangkat

www.indcyber.com, SENDAWAR – Lonjakan penumpang di Bandara Udara (Bandara) Melalan Sendawar, Kutai Barat (Kubar) setiap hari nya meningkat, kebutuhan yang sangat mendesak untuk penambahan armada (pesawat) penerbangan komersial.

Hal ini diakui oleh kepala Bandara Melalan Sendawar Sumariyanto saat di temui beberapa wartawan di kantornya pada Rabu (9/1/2019), bahwa setiap hari pasti ada  daftar tunggu (waiting list) penumpang di bandara itu.

  “ Sekarang penumpang yang mau berangkat keluar daerah harus pesan tiket minimal 3 hari sebelum berangkat, karena setiap harinya pasti ada waiting list, kecuali Muspida memang ada jatah setiap hari nya 3 shit,” kata Sumariyanto.

Dikatakan sumariyanto,  saat ini armada yang melayani penerbangan di bandara itu hanya milik maskapai Xpress Air, lonjakan penumpang tersebut sebanding dengan peningkatan fasilitas bandara, terutama landasan pacu telah diperpanjang, terminal baru dan penataan dilingkungan bandara.

“ Armada Xpress Air beroperasi lancar dan masih tetap melayani rute Sendawar-Balikpapan serta Sendawar-Samarinda pergi dan pulang (PP),” ungkap Sumariyanto..

Lanjut Sumariyanto, selain itu ada satu armada  penerbangan yang juga beroperasi di Bandara Melalan Sendawar. Yakni maskapai milik Air Fast merupakan penerbangan carter, sesuai schedule yang diperlukan pencarter.

“Lonjakan penumpang di Bandara Melalan terbilang masih stabil. Namun, penerbangan XpressAir kerap terdapat daftar tunggu calon penumpang. Hal itu mengindikasikan penerbangan dari dan ke Bandara Melalan Sendawar sangat dibutuhkan warga,” ujar Sumariyanto.

Sumariyanto menjelaskan, data terakhir, untuk semua penerbangan dan rute hampir 4.000 penumpang yang tercatat setiap bulan di bandara itu. Sebelumnya, ada rencana melakukan penerbangan malam hari, tetapi saat ini masih mengoptimalkan penerbangan siang.

“Sesuai status bandara ini adalah bandara pengumpan untuk mengantar pada bandara pengumpul. Kemudian penumpang dapat mencari alternatif penerbangan lanjutan pada bandara pengumpul, rata-rata tersedia pada siang hari. Contohnya Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan,” pungkas Sumariyanto. (arf)

 119 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *