PENUTUPAN PERKEMAHAN PRAMUKA PENGALANG TINGKAT SMP DAN PENEGAK SMA SEKALTIM DALAM PROGRAM TROP RANGER COMPETITION II TAHUN 2019

Indcyber.com, Penajam Paser Utara – Gerakan Pramuka sebagai wadah organisasi pendidikan non formal yang merupakan salah satu wadah pembinaan generasi muda yang melaksanakan kegiatannya dengan menggunakan prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan dan juga merupakan ekstrakurikuler dari suatu lembaga pendidikan.

Kegiatan TROOP RANGER COMPETITION II 2019 merupakan sarana pendidikan membentuk kemandirian bagi Pramuka Penggalang dan Penegak serta untuk mengembangkan keterampilan, ilmu pengetahuan, wawasan dan kemampuan kepemimpinan.

Setelah lima hari berlangsung, Minggu (20/01/2019) di lapangan Desa Sukomulyo Kec.Sepaku Kab.Penajam Paser Utara. Perwakilan Bupati Penajam Paser Utara Ir.H.Hamdam menutup acara perkemahan pramuka dan acara Troop Ranger Competition II 2019.

Ir.H. Hamdam mengatakan dalam sambutannya bahwa “sangat mendukung kegiatan pramuka kali karena juga memiliki Dasa Dharma yang sesuai dengan penerapan nilai-nilai islam, dan pramuka adalah paling bermaanfaat bagi sesama.”

Dijelaskan ketua panitia Romi Candra S.E. Sekretaris Kawarran Sepaku ” perkemahan dan lomba yang di ikuti Penggalang tingkat SMP dan Penegak tingkat SMA se-Kaltim, diikuti oleh 4 Kwartir Cabang, yaitu Kab. Penajam Paser Utara, Balikpapan,Samarinda, Kab.Kutai Kartanegara dan Kab.Paser.”

“Kegiatan ini berupa konsep yang di adopsi dari kegiatan-kegiatan nasional supaya bisa diaplikasikan ditiap ranting,”ujarnya.

Romi melanjutkan , “kegiatan berlangsung selama 5 hari dan acara perkemahan dilakukan setiap setahun sekali.”

“kegiatan kali ini adalah perkemahan pramuka dan lomba, untuk tingkat penggalang putra memperebutkan piala Bupati Penajam Paser Utara dan untuk tingkat penggalang putri memperebutkan piala bergilir ketua Kwartir Cabang.”

“Sedangkan penegak putra memperebutkan piala bergilir Camat Sepaku dan penegak putri memperebutkan piala bergilir ketua Kwartir Ranting Sepaku.”

“Jadi kegiatan perlombaan pramuka Troop Ranger Competition II 2019 ini memperebutkan 4 Piala bergilir,” terangnya.

Sebagai pemenang dalam acara Troop Ranger Competition II 2019, keluar sebagai juara umum adalah Penegak Putra SMA Negeri 1 Penajam Paser Utara, Penegak Putri SMK Negeri 2 Balikpapan, Penggalang Putra SMP Negeri 9 Balikpapan dan Penggalang Putri SMP Negeri 2 Balikpapan.

Hadir dalam acara penutupan Perkemahan dan Troop Ranger Competition II 2019 yaitu Koramil Kec.Sepaku, Kapolsek Kec.Sepaku dan tim Pramuka Sekaltim (Bhr)

 185 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *