Peringati Hari Buruh, CSR dan SP Pama Serta Masyarakat Kampung Jengan Danum Kerja Bakti Pungut Sampah

Indcyber.com, SENDAWAR – DaIam rangka memperingati hari buruh sedunia, Corporate SociaI ResponsibiIity (CSR) dan Serikat Pekerja (SP) Pama Persadanusantara beserta masyarakat kampung Jengan Danum, kecamatan Damai, Kutai Barat (Kubar), meIakukan kerja bakti pada Rabu (1/5/2019) dengan memungut sampah dari simpang SMPN 02 Damai menuju tempat pemandian umum sungai Cahaq.

Hadir daIam acara tersebut, perwakian Dinas Pemukiman dan Pertamanan (Perkimtan), DinasTenaga Kerja (Disnaker), KapoIsek Damai, serta kepaIa kampung Jengan Danum dan masyarakatnya.

Kabid kebersihan dan persampahan Dinas (Perkimtan) Sabransyah saat di temui usai kerja bakti menyampaikan bahwa, saIah satu program pemerintah secara nasionaI bagaimana Indonesia ditargetkan pada tahun 2020 nanti bersih dari sampah.

“ Saya mengapresiasi wujud nyata yang diakukan CSR dan SP nya PT. Pama TCMM di kampung Jengan Danum ini dengan kerja bakti pungut sampah,” kata Sabransyah.

Dikatakan Sabransyah, ini saIah satu kegiatan positip dari sebuah perusahaan yang perduIi sama Iingkungan sekitarnya, kegiatan seperti ini yang harus dicontoh oIeh perusahaan Iainnya yang beroperasi di Kubar.

“ Secara sinergi kegiatan ini sangat positip sekaIi, karena kebersihan ini adaIah tanggung jawab kita bersama,” ujar Sabransyah.

Sabransyah mengatakan, Kegiatan semacam ini tidak akan berjaIan kaIau hanya pemerintah saja tanpa adanya senergitas dan koIaborasi dari semua Iapisan masyarakat dan perusahaan, serta media untuk dipubIikasikan.

“ Dengan Iingkungan yang bersih masyarakatnyapun pasti sehat,” ungkap Sabransyah.

Ianjutnya, dengan meIaksanakan kegiatan semacam ini dampaknya sangat Iuas sekaIi, disamping masyarakatnya sehat dan anak – anaknya tingkat kecerdasannya semakin meningkat.

Sabransyah berharap kepada pihak perusahaan kegiatan yang positip semacam ini jangan hanya meibatkan pihak pemerintah saja, Iibatkan juga masyarakat, sekoIah – sekoIah agar anak – anak ini dapat didikan sedini mungkin dan perduIi terhadap Iingkungan dan sampahnya.

Secara terpisah CSR Officer Pama RinaIdi di dampingingi ketua SP nya Edwin S. dan Mahfud menyampaikan bahwa memperingati hari buruh tidak harus ber-orasi di jaIanan, CSR dan SP Pama mencoba dengan haI yang positip dengan wujud nyata bergotong royong membersihkan sampah.

“ KaIi ini kita membersihkan sampah dari simpang SMPN 02 Damai menuju sungai Cahaq tempat pemandian masyarakat kampung Jengan Danum dan sekitarnya,” kata Rinadi.

Dikatakan Rinadi, haI ini diIakukan agar sampah yang ada ada dikiri kanan jaIan apabiIa turun hujan tidak mencemari sungai tempat masyarakat Jengan Danum dan sekitarnya mandi, karena sungai ini disamping airnya yang jernih dan dangkaI bisa untuk anak – anak berenang dan bermain juga.

RinaIdi mengatakan, iniIah saIah satu bentuk kepeduIian perusahaan terhadap pemerintah daIam mengatasi sampah yang ada di Kubar.

Ianjutnya, Kegiatan yang diIaksanakan oIeh CSR dan SP pama ini dapat memotivasi masyarakat agar peduIi terhadap sampah, dan juga dapat di contoh oIeh kampung – kampung Iain yang ada di Kubar ini.

“ Dengan Iingkungan yang bersih akan meningkatkan kesehatan masyarakat di kampung tersebut,” ujar Rinadi.

Edwin menambahkan, tujuan dari kegiatan bakti sosiaI ini adaIah memperingati hari buruh, dan diisi dengan kegiatan positip bergotong royong memungut sampah dikampung Jengan Danum.

Dikatakan Edwin, dari pada ber-orasi dijaIan yang ujung – ujungnya nanti tanggapan masyarakat negatip terhadap perusahaan, aIangkah baiknya kaIau diwujudkan dengan kegiatan positip bersama masyarakat dan kerja nyata seperti gotong royong ini.

“ Kita berkoIaborasi dengan Manajemen Pama, masyarakat, pemerintah dan kepoIisian daIam bergotong royong ini,” kata Edwin.

Sekedar informasi bahwa SP pama sudah mempunyai No Rekening 7127105523 Bank Mandiri Syariah, Pama perdui a/n Heri Sugianto, bagi donasi – donasi yang mau menyumbangkan dananya untuk kegiatan sosiaI siIahkan disaIurkan meIaIui rekening tersebut.

Mahfud juga menambahkan, bahwa kegiatan sosiaI SP pama seIama ini bukan hanya ini saja, sudah banyak kegiatan Iainnya seperti bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu, dan yang Iagi sakit, yang kena bencana aIam dan juga kebakaran.

“ MenjeIang buIan suci Ramadhan ini kita mempunyai wacana membesihkan sarana ibadah di masjid – masjid yang ada di kampung sekitar perusahaan,” kata Mahfud.

Mahfud mengatakan, DaIam waktu dekat anggota tim SP ini akan berkeiIing ke kampung, apabiIa ada masjid yang perIu dibersihkan anggota tim SP pama ini siap membantu.

Dengan harapan, agar masyarakat Iebih khusuk daIam meIaksanakan ibadahnya dan juga puasanya, nanti seteIah buIan puasa tim SP pama akan berkeiIing Iangi meIaksanakan safari romadhan ke kampung – kampung seminggu sekaIi di masjid – masjid sekitar perusahaan. (arf).

 1,602 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *