Perundingan CEPA, berujung kesepakatan kerja sama Indonesia-Australia

Indcyber.com, Jakarta – Perundingan kerja sama antara Indonesia – Australia. IA-CEPA (Comprehensive Economic Partnership), pada Agustus 2018. Setelah melalui 6 tahun masa perundingan yang cukup melelahkan, akhirnya berujung teken kerjasama antar dua negara, di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (7/9/18).

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Imam Pambagyo mengatakan, ada sejumlah poin penting yang menjadi kunci dari kesepakatan tersebut.

“Dua negara dengan ekonomi terbesar di selatan pasifik bisa menyepakati sebuah skema. Kita jadikan kerja sama ini sebagai basis memasuki pasar ketiga,” ujar Imam.

Poin pertama yakni momentum terjalinnya kerja sama tersebut. IA-CEPA dianggap membawa hubungan kedua negara ke tingkat yang lebih tinggi. Bagi Indonesia, kata Imam, IA-CEPA merupakan CEPA kedua setelah perjanjian dengan Jepang, bernama IJEPA yang diteken 10 tahun lalu.

“Dengan IA-CEPA Indonesia menuju bagian dari global value chain dan siap bersaing secara global,” kata Imam.

Poin kedua yakni kemitraan. Imam mengatakan, CEPA dengan Australia bukan sekadar perjanjian perdagangan bebas (free trade agreement) biasa. CEPA menjadi suatu kemitraan komprehensif yang tidak hanya berisi perjanjian perdagangan barang, jasa dan investasi, tapi juga kerja sama ekonomi yang lebih luas.

Kemitraan baru Indonesia-Australia mencakup Vocational Education Training (VET), Pendidikan Tinggi, hingga sektor kesehatan. Kerja sama tersebut diarahkan membentuk economic powerhouse di kawasan dengan menggabungkan kekuatan kedua negara.

Sementara itu, Australia juga bersiap untuk berinvestasi di Indonesia atas kerjasama IA-CEPA tersebut.
Beberapa sektor yang rencananya akan disasar negeri kangguru tersebut, antara lain sektor pendidikan, kesehatan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Poin terakhir adalah terbangunnya hubungan yang saling menguntungkan satu sama lain.(mir/kompas)

 105 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *