PLN Adakan Konvensi dan PDKB

Indcyber.com, SENDAWAR –  Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kaltim Tara mengadakan Konvensi dan Pekerjaan Dalam Bertegangan (PDKB),  menagani pekerjaan perbaikan dan peremajaan jaringan diseluruh Indonesia, dan salah satunya dilaksnakan di Kutai Barat (Kubar), mulai 3 – 7 September 2019.

“ Kita bangga dengan adanya PDKB di Kubar ini, karena ini merupakan pasukan elit, tenaga elit PLN yang ada di Indonesia, dan ini hanya ada 1300 di seluruh Indonesia,” kata Wabup H. Edyanto Arkan SE, usai mengikuti kegiatan upacara anggota PDKB di Taman Budaya Sendawar (TBS), pada Selasa pagi (03/9/2019).

Dikatakan Wakil Bupati Kubar H. Edyanto Arkan SE bahwa, bahwa mulai hari ini ada sekitar 400 orang dikonsentrasikan di Kubar, untuk membangun kehandalan listrik yang ada di Kubar.

Ia menuturkan bahwa, anggota PDKB ini mengerjakan pekerjaan ini dalam keadaan bertegangan, itu sangat luar biasa sekali, tidak semua orang bisa melakukan, dan itu sangat beresiko, berarti mereka ini memiliki alat yang cukup canggih.

“ Kita sebagai masyarakat awam tau bahwa ini resikonya sangat tinggi sekali,” ujar Wabup Edyanto Arkan.

Ia membeberkan, bahwa mereka dengan keahlian dan teknik serta pengabdian yang tinggi mampu melakukan pekerjaan yang penuh resiko ini, dan ini akan di coba di Kubar mulai hari ini Selasa tanggal 03  hingga 07 September mendatang, ini baru pertama kali di Indonesia dilakukan.

“ Kita patut mengapresiasi PLN dalam hal pelaksanaan PDKB ini,” ujarnya.

Edyanto Arkan menghimbau kepada para Camat dan juga Lurah serta Petinggi, maupun ketua RT dan juga kepala Adat, apabila ada PLN membaiki jaringan, diminta maupun tidak diminta mereka harus mengawal PLN dalam melaksanakan perbaikan jaringan, ini untuk kelancaran bersama dan juga perintah langsung dari pemerintah.

Dan perlu diketahui bahwa masyarakat Kubar ini sangat toleransi apabila diadakan komunikasi dengan baik.

Sementara itu pimpinan wilayah PLN Kaltim Tara, Khairullah senior manajer distribusi menyampaikan bahwa, dalam UP3 ada 4 regu yang melaksanakan pekeraan, ini yang dinamai tim khusus yang bekerja dalam bertegangan yaitu PDKB.

Keempat regu ini ada tersebar di baberapa kabupaten dan kota seperti, Balik Papan, Samarinda, Bontang dan Berau.

“ Pekerjaan ini dibagi dua tim, yang pertama bekerja dalam keadaan bertegangan yaitu on line dan tim kedua pekerjaan dalam keadaan pemadaman atau of line,” kata Khairullah.

Dikatakan Khairullah bahwa pekerjaan ini tergantung dari situasi dan kondisi dilapangan, kalau harus dikerjakan dalam keadaan hidup ya tim PDKB ini bertegangan yang bekerja adalah tim on line, dan apabila kondisinya harus padam seperti pembersihan jaringan ya tim of line yang turun ke lapangan, jadi ada dua tim yang menangani dalam pekerjaan ini. (adv/arf)

 1,738 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *