PLN  Lakukan Sosialisasi Lanjutan PDKB Kepada Para Camat

Indcyber.com, SENDAWAR – Persahaan Listrik Negara (PLN) Unit Melak melakukan sosialisasi terkait Pekerjaan dalam, Keadaan Bertegangan (PDKB) kepada para camat yang kampungnya dialiri aliran listrik seperti, Melak, Nyuatan, Damai, Muara Lawa, Barong Tongkok, Linggang Bigung, berlangsung di ruang rapat Diklat Lantai 3 kantor Bupati Kubar pada Senin (02/9/2019).

Manajer Bagian Jaringan PLN UP3 Samarinda Hendra Manurung menjelaskan, kegiatan bakti PDKP juga digabungkan dengan kegiatan-kegiatan pihak ketiga dari PLN.

Dikatakan Hendra Manurung bahwa, tingkat ganguan di Kubar pada jaringan 20 KV masih sangat tinggi, sehingga sering terjadi pemadaman, kejadian tersebut setelah ditelusuri akibat kejatuhan pohon atau ranting.

“ Oleh sebab itu dengan kegiatan PDKB ini, kita ingin meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Kutai Barat,” kata Hendra Manurung.

Hendra Manurung menuturkan bahwa, pada Februari lalu sudah dilakukan pembersihan jaringan, dan kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan sehingga dalam pelaksanaannya PT PLN melakukan koordinasi dengan para Camat sebagai langkah awal pelaporan jika PLN akan melakukan pembersihan kembali di jalur-jalur yang ada di lima kecamatan.

“ Melalui sosialisasi ini kami meminta izin kepada para camat dan petinggi didaerah-daerah yang akan dilakukan kegiatan pembersihan,” ujarnya.

Ia mengatakan, Dalam kegiatan apel PDKB  dan malam ramah-tamah secara khusus PLN juga mengundang para Camat dan petinggi untuk hadir, tujuannya agar tim yang ada dilapangan bisa lebih dekat dengan masyarakat, PLN tentunya juga tidak ingin ada pemadaman listrik di Kubar.

” Oleh sebab itu kita tidak ingin ada lagi pemadaman akibat pohon dan ranting ketika hujan menimpa jaringan,” ujar Hendra Manurung.

Sementara itu Asisten I DR. Misran Effendi S. STP M.Si, menyarankan agar PLN memberikan apresiasi/penghargaan kepada masyarakat yang sudah memeberikan pohonnya untuk dipangkas, dimana dalam kegiatan ini murni tidak ada tali asih, oleh sebab itu  dengan pemberian penghargaan dari PLN akan sangat berdampak positif bagi masyarakat, pemerintahan kampung dan kecamatan yang mendukung program PLN.

Misran Effendi meminta, kepada PLN lokasi mana yang perlu didahulukan agar bisa dikerjakan terlebih dahulu,  dan dalam pengerjaannya harus berkoordinasi dengan pihak kecamatan, setiap kegiatan yang dilakukan.

Misran Effendi menjelaskan bahwa, PT PLN harus berkoordinasi dengan camat, walupun yang dipangkas hanya ujung dari pohon masyarakat. Karena pengalaman sudah membuktikan jika tidak dikoordinasikan dengan camat ada saja permasalahan yang timbul dilapangan, oleh sebab itu melalui pemebritahuan camat atau petinggi bisa melakukan pendampingan dalam kegiatan tersebut.

Pemkab Kubar juga mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat yang sudah mendukung dan bahkan rela pohonnya ditebang untuk kelancaran bersama, hal ini tidak terlepas dari peranserta kecamatan dan petinggi yang sudah memberikan pemahaman kepada warga masyarakatnya.

Para camat menyampaikan,  jika PLN melakukan kegiatan diharapkan bisa menyampaikan informasi terlebih dahulu sebelum dikerjakan, jangan sampai kegiatan dilakukan secara tiba-tiba,

Tujuannya dengan adanya pemberitahuan dari PLN pihak kecamatan, bisa menyampaikan informasi kepada seluruh masyarakat. Dan pihak kecamatan tentunya sangat mendukung langkah dan upaya yang dilakukan oleh PT PLN untuk kepentingan selurh masyarakat. (adv/arf)

 1,581 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *