Polisi : Suap KSOP Sambu Mempermudah Bisnis Jasa Pelayaran

www.indcyber.com – Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Pulau Sambu, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) Totok Suranto terjaring operasi tangkap tangan (OTT) di Mall Gandaria City, Jakarta Selatan, Jumat (2/11 ).

Pejabat Eselon III b di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI ini ditangkap Ditreskrimsus Polda Kepri saat menerima uang suap dari Direktur Cabang PT Garuda Mahakam Pratama, Eliman Syah, senilai 9.200 dolar AS. Uang senilai Rp 137.806.000 dengan kurs Rp 14.979 ini, diterima Totok dari Eliman sebagai uang ‘terima kasih’ atas kemudahan yang diberikan KSOP Kelas III Pulau Sambu untuk kegiatan pelayaran yang dilakukan PT Garuda Mahakam Pratama.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kepri Kombes Rustam Mansyur mengatakan, Totok diamankan bersama Eliman di salah satu restoran Mall Gandaria City, sesaat setelah transaksi suap dilakukan.

“Transaksi suap itu dilakukan bertujuan untuk memperlancar dan mempermudah pelaksanaan bisnis jasa dari perusahaan agen pelayaran PT Garuda Mahakam Pratama,” kata Rustam.

Rustam menyebut, uang tersebut diberikan secara tunai yang dikemas di dalam amplop. “Selain uang, kami juga berhasil menyita sejumlah barang bukti lainnya, seperti ponsel, tas yang dipergunakan untuk menyimpan uang, dan tiket pesawat,” ujar dia.

Tidak itu saja, lanjut Rustam, pihaknya juga sudah melakukan penyitaan sejumlah komputer dan berkas-berkas yang berkaitan dengan kasus suap ini. “Semua barang bukti sudah kami kumpulkan, dan tidak menutup kemungkinan akan kembali kami lakukan penggeledahan di kantor KSOP Kelas III Pulau Sambu untuk kelengkapan proses penyidikan,” ujar dia.(**

 701 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *