Ponpes Assalam dan SAS Salurkan Daging Qurban di Kubar dan Mahulu

indcyber.com, SENDAWAR – Sebanyak 29 ekor sapi dan 26 ekor kambing, pada hari raya Idul Adha 1439 H, Pondok Pesantren (Ponpes) Assalam Arya Kemuning,  yang dipimpin KH. Arief Setiawan, dibantu wakilnya KH. Anas Yudiarso, yang berada di kelurahan Simpang Raya, kecamatan Barong Tongkok, Kutai Barat (Kubar), menyalurkan daging qurban tiga hari berturut – turut ke masyarakat.

Daging tersebut dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan serta kampung muallaf binaan Assalam, baik di Kubar maupun Mahakam Ulu (Mahulu).

Ketua panitia qurban Sukowi saat di konfirmasi di ponpes sewaktu membagikan daging qurban, Kamis (23/8/2018) menyampaikan, hari pertama hari raya Idul Adha, daging qurban dibagikan ke masyarakat sekitar Ponpes, hari kedua di salurkan ke muallaf binaan Assalam di kecamatan yang ada Kubar, dan pada hari ketiga dibagikan khusus muallaf binaan yang ada di kabupaten Mahulu, daging tersebut sudah di kemas di sebuah plastik kresek  dan siap dibagikan.

“ Donatur atau masyarakat yang berqurban tersebut berasal dari seluruh Indonesia bahkan ada yang dari luar negeri, seperti dari Singapore dan Malasya”, kata Sukowi.

Lanjut Sukowi, dibandingkan tahun 2017 yang lalu memang agak menurun, tahun kemarin sapinya aja 50 ekor dan kambingnya 46 ekor, hampir separuh kurangnya, baik dari donatur Luar Negeri maupun donatur yang dari daerah lain ,  karena saat ini untuk dananya terbagi dua dengan bencana di Lombok NTB.

Sekedar dikethui aja, bahwa santri yang ada di Ponpes Assalam ini berjumlah sekitar 170 orang, laki laki 86 sedangkan yang perempuan 83 orang, santri yang ada di Assalam gratis semua baik makan, minum serta tempat tinggalnya, sedangkan sumber dananya atau biaya mereka ini atas sumbangsih para donatur kita baik yang di Indonesia maupun yang dari luar negeri.

Harapan kedapannya dari Ponpes Assalam khususnya para donatur baik yang dari Indonesia maupun manca negara, apabila ada yang masih mau menyalurkan hewan qurban nya melalui Ponpes Assalam kami akan distribusikan kepada yang berhak menerimanya, dan Insya Alloh pasti tepat sasaran.

Secara terpisah, Ponpes Solat Alquran dan Sodeqoh (SAS), yang berada di kelurahan Simpang Raya, kecamatan Barong Tongkok, Kubar,  dua hari berturut – turut juga membagikan daging qurban ke masyarakat sekitar pondok, serta kaum muallaf dan fakir miskin  Kecamatan Melak, dan Moq Manaar Bulant.

Ketua Ponpes SAS KH. Pono Abd. Kholik, didampingi ketua panitia qurban Pak. Yadi menyampaikan, hari pertama kita menyalurkan daging qurban ini sebanyak 223 kupon, dilanjutkan hari kedua 400 kupon kemasyrakat untuk pengambilan dagingnya.

Tahun ini Ponpes SAS hanya menyembelih qurban tiga sapi dan sembilan kambing, karena melaksanakan ibadah qurban merupakan bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat yang kurang mampu, dengan berbagi di hari raya seperti ini, besar manfaatnya bagi yang anak Yatim dan yang kurang mampu.

“ Kami berharap kepada masyarakat, bagi yang mampu hendaknya melaksanakan qurban”, kata KH. Pono.

Lanjut KH. Pono, karena melaksanakan kurban adalah suatu kewajipan, dan diperintahkan  bagi yang mampu.

Harapannya mudahan hewan qurban ini bermanfaat bagi pesantren khusunya, dan masyarakat sekitar pada umunya. (arf)

 258 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *