PSHT Kubar Sahkan 225 Pendekar Baru

Indcyber.com, SENDAWAR – Salah satu pernguruan pencak silat yang terbesar di kabupaten Kutai Batat (Kubar), yaitu Persaudaraan  Setia Hati Terate (PSHT) cabang Kubar Pusat Madiun, pada Sabtu malam (28/9/2019), mengesahkan warga tingkat satunya sebanyak 225 orang, di Balai Pertemuan Umum (BPU) Tanaa Purai Ngeriman.

Acara sakral tersebut mengusung tema “ Wes Wayahe Kembang Terate Mekar”  dihadiri   Bupati FX. Yapan SH, serta Forkopimda dan ribuan warga PSHT yang tersebar di beberapa ranting  se-Kubar dan Mahakam Ulu (Mahulu).

Bupati FX. Yapan dalam sambutannya menyampaikan bahwa PSHT pusat Madiun cabang Kubar perkembanganya cukup pesat hingga kini, semoga organisasi olah raga pencak silat PSHT ini mempunyai program kerja untuk mempersiapkan atlet – atlet handal.

“ Saya sangat mengapresiasi kerukunan dalam kebersamaan  yang tercipta melalui kehadiran PSHT ditengah – tengah masyarakat Kubar yang majemuk,” kata FX. Yapan.

Dikatakan FX. Yapan bahwa kemajuan dari komunitas ini yang merangkul seluruh masyarakat yang majemuk, baik dari etnis maupun agama, merupakan langkah awal yang baik bagi seluruh rakyat NKRI pada umumnya dan Kubar pada khususnya.

Yapan menuturkan bahwa organisasi ini menunjukkan kepeduliannya mewujudkan masyarakat yang berbudi pekerti luhur, selalu menjunjung tinggi nilai – nilai pancasila dan NKRI.

“ Saya .juga berharap agar PSHT Kubar dapat mengambil bagian dalam menciptakan lingkungan yang kondusif serta tidak terpengaruh terhadap isu – isu yang mampu memecah belah persatuan,” ujarnya.

Ia membeberkan bahwa melalui kegiatan pengesahan ini diharapkan PSHT terus meningkatkan gerak langkah dalam setiap bidang kehidupan, baik dibidang pendidikan, ekonomi kesehatan dan sosial kemanusiaan, seperti memerangi stunting, narkoba, berita hoax dan juga karhutla seperti sekarang ini.

“ Mari kita jadikan PSHT mintra pemerintah menuju hidup yang berkualitas  dan sejahtera,” ungkapnya.

Sementara itu ketua cabang PSHT Kubar Pusat Madiun Suparlan S.Pdi menyampaikan bahwa pengesahan warga baru ada 225 orang terdiri dari 196 orang laki – laki dan 29 orang perempuan dari 10 ranting yang tersebar di Kubar dan Mahulu.

Dikatakan Suparlan bahwa, dari sepuluh ranting itu Barong Tongkok ada 41, Melak ada 4, Tering ada 3, Sekolaq Darat ada 2, Siluq Ngurai ada 5, Muara Lawa ada 10, Jempang ada 37, Bongan 106, Long Iram 1, Mahulu ada 16, total ada 225 orang.

“ Untuk anggota tahun 2018 ada 1.525 orang, ditambah tahun ini 2019 ada 225 orang, jadi total anggota PSHT saat ini 1.750 orang,” kata Suparlan.

Suparlan menuturkan bahwa pembinaan PSHT di Kubar ini mulai tahun 2010 yang lalu, sedangkan untuk mencapai pengesahan ini banyak tingkatan yang harus dilalui mulai dari sabuk Polos atau hitam polos, dilanjutkan sabuk Jambon atau merah muda, kemudian sabuk hijau, dan sabuk putih kecil serta tes warga dan terakhir di sahkan.

“ Saya berharap kepada warga baru yang akan dilantik malam ini mulai pukul 01.00 wita hingga pukul 04.00 wita menjelang  subuh, semoga apa yang diajarkan di PSHT bisa menjaga keharmonisan dilingkungan sekitarnya, dan dapat mewarnai perkembangan dan kemajuan pencak silat di Kubar yang kita cintai ini,” ujarnya. (arf).

 357 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *