PT Pelindo Makassar Luruskan Permasalahan Di Muara Badak

Ilustrasi kegiatan pandu dan tunda oleh PT Pelindo

INDCYBER.COM,SAMARINDA-Beberapa hari yang lalu suasana di Desa Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara. Warga di resah dengan kehadiran perusahaan Badan usaha Milik Negara (BUMN) Pelindo, karena mengambil alih pekerjaan jasa pandu yang selama 2 tahun dikerjakan oleh warga di sana.

Tidak kurang 200 orang, terdiri dari pemuda dan emak-emak, serta para suami mereka turun berunjukrasa. Mereka atas nama aliansi forum Gerakan Pemuda Masyarakat Pangempang turun berorasi, menumpahkan protes dan tuntutan agar Pelindo tidak beroperasi di daerah mereka.

Uniknya aksi unjukrasa ini, karena warga melakukannya dengan cara turun ke laut perairan sekitar Pangempang, di mana kapal-kapal jasa pandu milik Pelindo bersandar saat tidak beroperasi. Warga berunjukrasa menggunakan perahu bermesin, speedboat dan juga kapal pandu yang selama ini digunakan warga memandu ponton-ponton keluar maupun masuk ke perairan sungai.

Menanggapi hal tersebut Marine Pilot PT Pelindo Makassar,Adnan Arifin mengatakan jika pihaknya mendapar rekomendasi dari Syahbandar sebagai kepanjangan tangan Dirjen Perhubungan Laut.

“Iya pak pelindo mendapat rekomendasi dari syahbandar sebagai kepanjangan tangan Dirjen Perhubungan laut untuk melaksanakan kegiatan pandu dan tunda di perairan wilayah KUPP Tanjung Santan,”ujar Adnan via pesan Whatsappnya,Selasa(26/10/2021).

Masih lanjut Adnan jika hingga saat ini petugas pandu dan tunda kapal tongkang di Pangempang Muara Badak masih tetap menjalankan tugasnya.

“Petugas pandu dan tunda dari Pelindo masih tetap menjalankan tugasnya jika ada persolan kembali kita coba pendekatan secara persuasif saja.
Dan alhamdulillah aksi warga juga sudah tidak ada karena kami melaksanakan tugas berdasarkan undang undang,”pungkas Adnan Arifin.

Sementara itu pihak PT Pelindo Samarinda ketika dikonfirmasi indcyber.com mengatakan jika pihaknya tidak punya wewenang akan hal tersebut dengan menyebut pihaknya hanya mengurusi wilayah Samarinda saja.

“Pak kami Pelindo Samarinda tidak punya wewenang ke arah sana silahkan langsung hubungi teman teman di PT Pelindo Makassar karena tugas kami Pelindo Samarinda hanya fokus mengurusi wilayah Samarinda,”ucap Yanmar Lagonda.

Penulis:Slamet Pujiono|Editor :Bayu

 290 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *