“Qurban wujud nyata taqwa”

Yayasan Salman Al-farisi sedang menyembelih hewan qurban

 

Indcyber.com, Tenggarong – Hari Raya Idul Adha 1439 H atau yang juga lazimnya di katakan hari raya qurban. Merupakan sebuah bentuk nyata ketaqwaan ummat kepada perintah Allah SWT.

Surat Al-Kautsar Ayat 2

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorban lah.

Yang dimaksud berkorban di sini ialah menyembelih hewan Qurban dan mensyukuri nikmat Allah.

– qurban harus di sertai taqwa.

Surat Al Hajj Ayat 37

لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلا دِمَاؤُهَا وَلَكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنْكُمْ كَذَلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِينَ

Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi Ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.

Qurban adalah wujud nyata ketaqwaan yang telah di laksanakan oleh nabiyullah Ibrahim As. Kepada Allah SWT. Berdasarkan kisah riwayat yang di abadikan oleh al-quran tentang ritual berqurban ibrahim itu sendiri terhadap putranya Ismail As. Jelas secara langsung menguji keimanan ketaqwaan Ibrahim As.

Surat Ash-Shaffat Ayat 102

H. Suriansyah

Namun karena di lakukan secara ikhlas dan semata karena ridha sang maha pencipta. Melalui pertolongan Allah kepada nabiyullah ibrahim dan putranya ismail maka di utuslah malaikat jibril untuk mengganti posisi ismail dengan seekor domba.

Melaksanakan ibadah qurban juga merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial kita kepada masyarakat sekitar yang kurang mampu sehingga bisa menghilangkan jarak kesenjangan sosial yang biasanya terjadi di masyarakat.

Apabila anda termasuk orang cukup berada, hendaknya anda melaksanakan ibadah qurban karena ini juga merupakan salah satu ibadah yang diperintahkan bagi orang yang sudah mampu.

Salah satunya seorang pengusaha wiraswasta di Kota Raja Tenggarong H.Suriansyah tergolong dermawan tiap tahunnya tidak pernah alpa meyalurkan sebagian penghasilannya, menyembelih minimal seekor sapi qurban untuk masyarakat sekitar. Pada rabu (22/08/18) penyembelihan qurban di lakukan untuk di bagi-bagikan ke warga.

Junaidi ketua PAC LDII

Secara terpisah, sebuah yayasan islami mengatasnamakan Yayasan Salman Al-farisi Kel. Loa Ipuh Tenggarong, menyembelih 4 ekor sapi dan 6 ekor kambing dan membagi-bagikan kupon kepada warga sekitar untuk pengambilan daging qurban

Masih di lingkungan Kelurahan Loa Ipuh Jl. Mangkuraja LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) juga tidak ketinggalan melaksanakan ibadah qurban terhitung tiap tahunnya menyembelih hewan qurban.

Tahun ini sebanyak 12 ekor sapi dan 6 ekor kambing melalui Ketua PAC LDII (Pimpinan Anak Cabang – Lembaga Dakwah Islam Indonesia) Junaidi menyampaikan rasa kepedulian sesama ummat.

“Tahun ini kami membagi 350 kupon pembagian daging qurban kepada warga, ini adalah moment kami berbagi bersama warga sekitar”. Demikian itu adalah salah satu bentuk yang nyata ketaqwaan ummat terhadap Tuhanya.

 116 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *