Rusman Yakub: Pemprov Kaltim Sudah Seharusnya Bangun Rumah Sakit Penyakit Infeksi

INDCYBER.COM,SAMARINDA-Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, H Rusman Yak’ub  ketika berbicara tentang kesiapsiagaan Kaltim menghadapai penyakit yang disebabkan virus corona (Covid-19) mewacanakan sekalian saja Pemprov Kaltim dan DPRD memikirkan membangun rumah sakit khusus penyakit infeksi (RSPI), seperti RSPI Prof. dr Sulianti Saroso Jakarta.

“Perlu kita pikirkan, karena di Kaltim, bahkan di Kalimantan belum ada RSPI, padahal penyakit infeksi sudah semacam penyakit yang sudah akrab di masyarakat, misalnya TBC (Tuberkolosis). Covid-19 juga masuk penyakit infeksi ke paru-paru, Kaltim harus punya RSPI masak bangun rumah sakit khusus infeksi saja gak bisa tapi bangun stadion bisa kan lucu,” ujarnya.

Menurutnya, Pemprov Kaltim mempunyai kemampuan keuangan mendirikan RSPI. RSPI juga diperlukan masyarakat karena penderita peyankit paru-paru juga jumlahnya banyak.

“Kalau kita bisa mmebangun stadion besar, rasanya kita juga bisa membangun RSPI,” ujar Rusman yang komisi dipimpinnya juga membidangi kesehatan dan pendidikan, dan sosial.

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim tahun 2015, di Kaltim setiap tahunnya ditemukan penderita TBC antara 2.250-2.400 orang. Jumlah penderita TBC Paru di Kaltim, baru 32,5 persen terdeteksi berarti prevalensinya ada sekitar 67,5 persen yang belum terdeteksi.

Perlu diketahui jika saat ini satu warga Kaltim positif Covid-19 dan dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit AW Syahrani Samarinda.(advertorial).

Penulis:Bayu
Editor: Slamet Pujiono
Sumber: Indonesia cyber

 106 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *