Sosialisasi Tes Awal Kesehatan Calon Haji 2019

INDCYBER.COM, SENDAWAR- Kantor Kementerian Agama (Kemanag) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), melaksanakan sosialisasi tes awal kesehatan terhadap jemaah Calon Haji (Calhaj) 2019/1440 H mendatang.

Kegiatan tersebut bertempat di kantor Kemenag kecamatan Melak, Senin (24/9/2018), diikuti sekitar 92 Calhaj.

Ketua Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU), H. Zulkifli dalam sambutannya mengatakan,” langkah awal yang harus dipenuhi oleh setiap calon haji adalah tes kesehatan, ini standar utama dalam melaksanakan ibadah haji ke tanah suci,” kata Zulkifli.

Dikatakan Zulkifli, meskipun keberangkatan calon haji tahun 2019/1440 H tahun depan, namun sosialisasi tes awal kesehatan dilakukan sedini mungkin, sebagai syarat utama dalam melaksanakan ibadah ke tanah suci.

“ Kami berharap Calhaj Kubar 2019 mendatang, semuanya lolos tes kesehatan dalam kondisi sehat walafiat,” harapan Zulkifli.

Lanjut Zulkifli, Penyelenggaraan tes kesehatan nanti akan dibagi menjadi dua bagian, yakni Puskesmas Barong Tongkok dan Puskesmas Melak,
untuk calon haji dari kecamatan Melak dan kecamatan Muara Pahu melakukan tes nya di puskesmas Melak, sedangkan selebihnya dilaksanakan di kecamatan Barong Tongkok.

Sementara itu, Ketua Tim Kesehatan Haji Kubar, dr. Waluyo menambahkan,” Bagi calon haji yang harus dilakukan tahap awal adalah Rontgen dan Tes Laboratorium EKG di dua Puskesmas yang telah ditunjuk,” kata Waluyo.

Dikatakan Waluyo, kegiatan ini dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik, konseling kesehatan dan tes kebugaran serta terakhir tes Par – Q dipusatkan di Masjid Al – Muttaqin Islamic Center Melak.

Acara tersebut disambut dengan gembira dan sukacita oleh calon jemaah hanji, terlihat dengan antusiasme bayaknya para peserta Calhaj yang hadir mengikuti sosialisasi ini. (arf)

 372 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *