Sultan Aji Muhammad Idris Segera Bergelar Pahlawan Nasional,Ini Tanggapan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Ely Hartati Rasyid.(foto:dokumen pribadi).

INDCYBER.COM,KUKAR – Salah satu tokoh dari Kalimantan Timur Sultan Aji Muhammad Idris, bakal menerima gelar pahlawan nasional dari Presiden Jokowi. Gelar pahlawan nasional rencananya akan disahkan pada 10 November 2021 mendatang.

Gelar pahlawan tidak hanya diberikan ke Sultan Aji Muhammad Idris. Ada tiga tokoh lain yang juga akan diberi gelar pahlawan nasional tahun ini, yakni Tombolotutu dari Sulawesi Tengah (Sulteng), Haji Usmar Ismail tokoh dari DKI Jakarta, Raden Arya Wangsa Kara dari Banten.

Keempat tokoh tersebut dipilih karena memenuhi syarat, seperti pernah berjuang hingga banyak melahirkan manfaat bagi kemajuan negara. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Katanya juga, kali ini Jokowi akan memutuskan empat tokoh tersebut lantaran untuk pemerataan kedaerahan.

Penetapan gelar pahlawan nasional itu sudah sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 109/TK/2021 tentang penganugerahan pahlawan nasional.

Daftar keempat tokoh itu nantinya akan diserahkan kepada pihak Istana. Setelah itu, gelar pahlawan nasional akan dianugerahkan secara resmi kepada keluarga empat tokoh tersebut di Istana Bogor.

Sultan Aji Muhammad Idris, merupakan sultan ke-14 dari Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura yang memerintah mulai tahun 1735 hingga tahun 1778. Ia merupakan sultan pertama yang menggunakan nama Islam, semenjak masuknya agama Islam di Kesultanan Kutai Kartanegara pada abad ke-17.

Mendapatkan kabar jika Sultan ke 14 dari Kesultanan Kutai Ing Martadipura tersebut akan mendapatkan gelar Pahlawan Nasional membuat bangga Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Ely Hartati Rasyid yang juga tokoh masyarakat Kutai Kartanegara asli.

Politisi Senior PDI P ini mengatakan sangat bersyukur karena ini pertama kalinya seorang pejuang sekaligus Raja pada kerajaan Kutai mendapatkan gelar Pahlawan Nasional.

“Alhamdulilah akhirnya ada Pahlawan dari Kaltim terkhusus berasal dari kerajaan Kutai,”ujar Ely Hartati Rasyid kepada indcyber.com via pesan Whatshapnya,Sabtu(30/10/2021)malam.

“Dalam rangka menyambut IKN ini adalah sebuah kado terindah untuk menyambut hari Pahlawan besok tanggal 10 November 2021,”imbuhnya.

Ely kedepan sangat berharap akan ada Pahlawan Nasional dari Kaltim kembali karena ia menilai banyak pejuang pejuang kemerdekaan yang berasal dari Bumi Etam,seperti halnya Muso Bin Salim.

“Saya sangat berharap kedepan akan menyusul Muso bin Salim dari Muara Kaman dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional,”pungkasnya.

Penulis:Slamet Pujiono |Editor:Redaksi

 

 67 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *