Sutomo Jabir:Jalan Amblas Yang Menghubungkan Dua Kabupaten Dan Antar Provinsi Harus Diprioritaskan

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur dari fraksi PKB dapil Kutim, Bontang, Berau, Ir Sutomo Jabir, ST,.MT. (foto:slamet/indcyber.com)

Penulis:Slamet Pujiono
Editor:Redaksi
INDCYBER.COM, SAMARINDA-Setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi beberapa hari mengakibatkan badan jalan di jalur Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang menghubungkan dengan Kabupaten Berau mengalami longsor. Kondisi jalan longsor tersebut membuat lalu lintas dari dan menuju Berau mengalami kemacetan.

Jalan satu-satunya yang menjadi akses penghubung dua kabupaten serta menuju Provinsi Kalimantan Utara tersebut putus. Arus lalu lintas lumpuh karena tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

Video rekaman jalan longsor tersebut viral di media sosial, Rabu 2 Desember 2020. Longsor tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 12.00 Wita tepatnya di dekat simpang HTI, Desa Miau Baru, Kecamatan Kongbeng, Kutai Timur.

Amblasnya jalan yang menghubungkan Kabupaten Kutai Timur dengan Kabupaten Berau serta merupakan jalur darat menuju Provinsi Kalimantan Utara tersebut mendapat respon yang serius dari anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur dari fraksi PKB Dapil Berau, Kutim dan Bontang Ir Sutomo Jabir ST.,MT.

“Sudah seharusnya ada penanganan tanggap darurat dari Pemerintah, kalau itu status jalan nasional maka tanggung jawab Balai Jalan Nasional tapi kalau jalan propinsi maka tanggung jawab dinas PUPR Kaltim yang harus ambil langkah taktikarena ini akeses jalan yang sangat vital menuju Kabupaten Berau dan Provinsi Kalimantan Utara,”tegas Tomo saat dihubungi indcyber.com via pesan aplikasi whatsapp, Jum’at(4/12/2020)malam.

Dengan tindakan cepat pihak Kapolsek Kongbeng juga langsung melakukan koordinasi dengan PT Kayan selaku kontraktor perawatan jalan dari Kutai Timur ke Berau. Satu unit alat berat dan material juga sudah diturunkan.

“Dari pantauan saat ini telah dipasang gorong-gorong ditutup tanah baru bisa dilewati.Saat ini insyallah telah selesai dan bisa dilintasi karena kendaraan saat menumpuk menunggu selesai pengerjaan.Saya salah satu wakil rakyat dapil Berau,Kutim, Bontang sangat berharap kepada Pemprov Kaltim untuk memprioritaskan jalur utama yang menghubungkan dua Kabupaten serta antar Provinsi jika memang itu jalan Provinsi,”pungkasnya. (Advertorial)

 256 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *