Tarung derajat ramaikan Popprov XV Kaltim

 

Guru Muda H. Rimba Dirgantara Dradjat (Perguruan Pusat Tarung Derajat)

Indcyber.com, Samarinda – Cabang Olahraga Beladiri Tarung Derajat tak kalah bergengsi dari cabang Olahraga beladiri lainya yang di pertunjukkan di ajang Popprov XV Kaltim 2018.

Perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) Kaltim XV Samarinda 2018, resmi di selenggarakan selasa (25/9/2018) dengan cabor beladiri Tarung Derajat, sehari sebelumnya senin 24 september 2018 telah resmi di buka dengan berbagai macam persiapan dan timbang badan.

Pembukaan acara Tarung Derajat di hadiri oleh Ketua Panitia H. Muslimin. Tarung Derajat di pimpin langsung oleh Ketua Umum Pengprov Kodrat Kaltim Ir.H. Muhammad Adam Sinte juga selaku anggota DPRD Prov Kaltim, turut hadir Guru Muda H. Rimba Dirgantara Dradjat dari Perguruan Pusat Tarung Derajat.

Acara berlangsung di gedung Auditorium SMAN 1 Samarinda cabor beladiri Tarung Derajat tidak kalah ramainya, bahkan peminatnya dari berbagai Kabupaten Kota turut meramaikan cabor beladiri tersebut di Popprov XV Kaltim 2018 di Samarinda

Jadwal tandingan untuk hari pertama di mulai pada pagi pukul 08;00 wita baru dapat di tuntaskan hingga pukul 18;00 wita. Demikian karena banyaknya nomor yang di perebutkan sesuai dengan standar di kelasnya masing-masing.

Hari ini ada 21 laga yang di pertandingkan dengan kelas bervariasi score di tentukan sebanyak 3 ronde. Para peserta di beri tanda masing-masing dengan sebutan sudut hitam dan sudut merah (penentuan posisi, serta kostum peserta tarung).

Hasil Pertandingan Tarung Derajat hari pertama;

– Tarung Putra Kelas 53,1-57 KG

1. Di menangkan Wahyu Eko (Samarinda) sudut hitam mengalahkan lrwan Prasetya (Kutai Kartanegara) sudut merah dengan score 2-1
2. Di menangkan M Haidar (Balikpapan) sudut merah berhasil mengalahkan Umar Shiddik (Bontang) sudut hitam dengan score 3-0.

– Tarung Putri Kelas 40,1-43 KG

3. Di menangkan Ferenzia Dewi (Balikpapan) sudut hitam berhasil mengalahkan Nurul Zahwany (samarinda) sudut merah dengan score 3-0
4. Di menangkan Helma Riana (Kutai Kartanegara) sudut hitam berhasil mengalahkan Narty (Kutai Timur) dari sudut merah dengan score 3-0

– Tarung Putra di Kelas 57,1-61 KG

5. Di menangkan Brian Geofray (Kubar) sudut hitam mengalahkan Zulfikar (Bontang) sudut merah dengan score 3-0
6. Di menangkan Bimo Dwi (Balikpapan) sudut Merah mengalahkan Yoma Chorimba (sudut hitam) WHT (wasit hentikan tarung) karena posisi yang tidak memungkinkan untuk di lanjut hingga Bimo dinyatakan Menang telak dari Yoma.

– Tarung Putra Kelas 61,1-65 KG

7. Di menangkan Exel Enrico (Samarinda) sudut merah menang undur diri atas lawanya M. Yusti A (Balikpapan) sudut hitam, tidak dapat lanjut karena melakukan pelanggaran 3 kali.

– Tarung Putra 37,1-41 KG

8. Di menangkan Ricky Alvian (Samarinda) sudut merah menang undur diri atas lawanya M Iqbal (Balikpapan) sudut hitam, tidak dapat melanjutkan karena melakukan pelanggaran sebanyak 3 kali.

– Tarung Putra 41,1-45 KG

9. Di menangkan M Marcel (Samarinda) sudut merah mengalahkan Charles T (Balikpapan) sudut hitam score 2-1
10. Yusuf S (Samarinda) sudut merah unggul atas lawanya Kristoforus Neno (Kutai Timur) WHT (Wasit hentikan tarung) karena kondisi tidak mungkinkan untuk lanjut.

– Seni Gerak Putra Kelas 45,1-49

11. Antonius Yoman (Kutim) sudut merah unggul atas lawanya Salvador (Balikpapan) sudut hitam di diskualifikasi.

– Tarung Putra Kelas 45,1-49 KG

12. Di menangkan Bramantyo A (Samarinda) sudut merah mengalahkan Amar Ma’ruf (Bontang) sudut hitam dengan score 2-1

– Tarung Putra Kelas 49,1-53 KG

13. Di menangkan Fransiskus Timo (Balikpapan) sudut hitam mengalahkan M Riziq (Samarinda) sudut merah dengan score 2-1

– Tarung Putri Kelas 43,1 KG

14. Di menangkan Arafah Derajat (Balikpapan) sudut merah mengalahkan Almiaty (Kutim) sudut hitam dengan score 3-0
15. Di menangkan Aulia Rahmita (Samarinda) sudut merah mengalahakan Saidah (Kukar) sudut hitam dengan perolehan WHT (wasit hentikan tarung)
16. Di menangkan Bella (Kukar) sudut hitam mengalahkan Nasya Ovi (Balikpapan) dengan perolehan angka WHT (wasit hentikan tarung)
17. Di menangkan Putri Utami (Kukar) sudut hitam mengalahkan Elisa Ariani (Kubar) sudut merah dengan score 3-0

– Tarung Putra Kelas 53,1-57 KG

18. Di menangkan Wahyu Eko (Samarinda) sudut merah mengalahkan Gilang P (Kutim) sudut hitam dengan perolehan angka WHT

– Tarung Putri Kelas 40,1-43 KG

19. Di menangkan Ferensia Dewi (Balikpapan) sudut merah mengalahkan Veronika (Kubar) sudut hitam dengan score 3-0

– Tarung Putra 61,1-65 KG

20. Abdul Naim (Berau) sudut hitam unggul atas lawanya Exel Enrico (Samarinda) sudut merah dengan score 3-0

– Tarung Putra 37,1-41 KG

21. Di menangkan M Ichsan (Berau) sudut hitam mengalahkan Ricky Alvian (Samarinda) sudut merah dengan score 3-0.

Besok pemenang akan di pertemukan dengan pemenang dalam babak lanjutan semifinal hingga keluar pemenang sebagai juara di final.

Pada perhelatan ajang Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) Kaltim XV Samarinda 2018, para peserta Tarung Derajat di bawah binaan Pengprov Kodrat Kaltim Ketum dan Ketua Harian serta para wasit, sangat apresiasif dengan kehadiran anak sang mahaguru AA Boxer. Yakni H. Rimba Dirgantara Dradjat, SE.,M.M Selaku Pembina Guru Muda Tarung Derajat Peserta Popprov Kaltim XV dari Perguruan Pusat Tarung Derajat.

Sementara melihat dari antusiasme para peserta Popprov mendapat penilaian tersendiri dari Guru Muda H. Rimba Dirgantara Dradjat

“Salam Box..!! Melihat antusiasme dari para junior sudah kelihatan untuk tehnik layaknya para senior, dari tekhnik pukulan, tendangan serta seni gerak sudah cukup lumayan dan kedepanya untuk Kaltim akan di persiapkan ke Papua di Pekan Olahraga Nasional Pelajar, untuk Tarung Derajat selain di bekali ilmu beladiri juga ada pembekalan akhlak,” pungkas Gurumuda H.Rimba.

Tarung Derajat sejatinya merupakan Cabang olahraga beladiri yang lahir di tanah air dan secara resmi diakui sebagai olahraga nasional dan digunakan sebagai latihan bela diri dasar oleh TNI Angkatan Darat dan Brigade Mobil Polri.

Seni Ilmu Olah Raga Bela Diri TARUNG DERAJAT dideklarasikan kelahirannya dibumi persada Indonesia tercinta, di Bandung 18 Juli 1972 oleh peciptanya seorang putra bangsa yaitu Achmad Dradjat yang memiliki nama julukan dengan panggilan Aa Boxer

Demikian halnya yang di sampaikan Charles Rori, SH. Ketua Harian Pengprov Kodrat Kaltim dengan menyerukan slogan kebanggaan “Salam Box” Bang Charles melanjutkan pendapatnya

“Yang pertama kami sangat apresiasif dengan kehadiran Guru Muda H. Rimba pada turnament laga Tarung Derajat Popprov Kaltim ke-XV menjadi spirit tersendiri bagi saudara-saudari seperguruan Kaltim. Pentingnya untuk di ketahui bersama, Tarung Derajat adalah olahraga beladiri asli indonesia, selain daripada pencaksilat Tarung Derajat merupakan salah satu hasil karya anak bangsa dan tidak tertutup kemungkinan kedepanya, para atlit junior yang bertarung hari ini akan mempersembahkan medali emas untuk daerah Kaltim dan tingkat nasional tentunya,” demikian optimisme Bang Charles kepada anak-anak asuhanya.

Sebagai catatan, sejak 1990-an, Tarung Derajat telah disempurnakan untuk olahraga. Pada tahun 1998, Tarung Derajat resmi menjadi anggota KONI. Sejak itu, Tarung Derajat memiliki tempat di Pekan Olahraga Nasional. Keluarga Olahraga Tarung Derajat sekarang memiliki suborganisasi di 22 provinsi di Indonesia.

Berharap kedepanya Tarung Derajat Kaltim dapat lebih exist dan berkembang pesat khususnya di Kalimantan Timur, dengan hadirnya atlit-atlit muda berbakat, dapat membawa nama harum Kaltim di tingkat daerah serta di tingkat nasional hingga ke jenjang internasional demikian harapan bersama Pengprov Kodrat Kaltim “Salam Box”.

 393 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *