Tiket Murah Untuk Masyarakat Kaltim Yang Akan Ke Maratua

INDCYBER.COM,SAMARINDA-Ditandai dengan pemotongan pita dan terbang perdana dari Bandara Internasional APATP Samarinda ke Bandara Maratua Kabupaten Maratua rute penerbangan maskapai Susi Air, milik mantan Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019, Susi Pudjiastuti, resmi dibuka di Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda.

Astird Siska Pratiwi selaku Distrik Manager Susi Air Samarinda jika harga tiket yang ditawarkan untuk bisa sampai ke pulau Maratua dari Bandara APT Pranoto sebesar Rp 448.000. Sedangkan untuk rute sebaliknya dari Maratua ke Samarinda, Rp 443.000. Harga tersebut sudah termasuk dalam subsidi pemerintah.

“Belinya bisa langsung di konter Bandara APT Pranoto, untuk online masih belum bisa karena ini disubsidi,” ujar Astrid Siska Pratiwi, Distrik Manager Susi Air untuk Samarinda, Kamis (16/1/2020).

Astrid juga menerangkan jadwal khusus rute penerbangan Samarinda – Maratua, yang terbagi dalam 3 minggu dalam satu bulan berdasarkan perhitungan ganjil genap, yaitu week A (minggu pertama dan ketiga) dan week B (minggu kedua dan keempat). Untuk seluruh waktu perjalanan berada di pukul 13.00 Wita.

“Jadwal untuk tujuan Maratua dibagi menjadi week A dan week B, minggu ganjil genap. Week A ada dua penerbangan, di hari Selasa dan Sabtu atau dua kali penerbangan dalam satu minggu. Untuk week B, cuma hari Selasa atau satu kali penerbangan dalam seminggu. Berangkatnya jam satu siang dari Samarinda dan waktu tempuhnya 1 jam 20 menit,”jelasnya

Ditanya mengenai pembelian tiket, Astrid menjawab dengan santai. Ia juga memberikan saran kepada pelanggan yang akan membeli tiket untuk memperhatikan sistem regulasi tiket yang diterapkan oleh pihak maskapai.

“Pembelian tiket seperti biasa, bisa dilakukan diawal atau sebelum berangkat, lebih baik jauh hari sudah beli di konter tiket. Nanti dari pihak kami akan memberikan informasi kepastian keberangkatan, proses bayar di hari H juga bisa, maksimal satu hari sebelum keberangkatan untuk memastikan keberangkatan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Astrid menyebutkan bahwa maskapai Susi Air menggunakan pesawat jenis Cessna Grand Carravan 208B, pesawat bermesin turboprop tunggal, fixed-gear dan merupakan pesawat regional jarak pendek sayap tinggi (high wing), dibuat di Amerika Serikat oleh Cessna. Pesawat ini berkapasitas sembilan penumpang, maksimal 12 orang dan bisa digunakan juga untuk kargo.

“12 kursi maksimalnya, dihitung juga dari bobot penumpang, kalau ada yang 80 Kg berarti hanya 10 orang penumpang saja, itu juga pengaruh kepada keseimbangan pesawat dan bahan bakar juga untuk jarak tempuh,” pungkasnya.

Penulis: Slamet Pujiono
Editor. : Fathur
Sumber:indcyber.com

 203 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *