Tinjau Pra TMMD ke 104, Staf Ahli Pangdan VI Mualawarman di Sambut Wabup Mahulu

Indcyber.com,SENDAWAR – Menjelang pelaksanaan atau pra Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 Mahakam Ulu (Mahulu), yang terbagi di tiga tempat, akan berlangsung di kampung Long Melaham, Ujoh Bilang, dan Mamahak Besar, kecamatan Long Bagun, kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Hal ini di tinjau staf ahli Pangdam VI Mulawarman, Bidang Operasi Militer selain Perang Kolonel. Inf. Klemen Haposan Siahaan ke kelokasi di Mahulu, dan disambut serta di jamu pemkab Mahulu di ruang pertemuan kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) yang diwakili oleh Wakil Bupati (Wabup) Y. Juang Jenau pada (18/2/2019) malam.

Wabup Y. Juang Jenau mengatakan bahwa pemkab Mahulu sangat mendukung dengan adanya TMMD ini, terlihat dari hasil TMMD yang sudah terlaksana dan sangat memuaskan, masyarakat mahulu sangat membutuhkan senang sekali dengan adanya TMMD ini.

“ Kami pemkab Mahulu akan membantu dana untuk TMMD kali ini sebesar 3,6 miliar,” kata Y. Juang Jenau.

Staf Ahli Pangdan VI Mualawarman di Sambut Wabup Mahulu

Dikatakan Y. Juang Jenau, untuk diketahui bahwa bantuan pemkab Mahulu ini adalah yang terbesar dari seluruh kabupaten dan kota se-Indonesia, TMMD yang terdahulu juga terbesar se-Indonesia.

“ Pemkab Mahulu akan selalu menganggarkan di APBD untuk kegiatan TMMD ini,” ungkap Y. Juang Jenau.

Lanjutnya, Karena Pemkab Mahulu sangat membutuhkan bantuan dari pada TNI ini, guna memperlancar pembangunan di Mahulu yang berada didaerah perbatasan ini, karena Mahulu ini adalah kabupaten yang masih sangat muda, maka dari itu pemkab beserta masyarakat Mahulu akan selalu mendukung kegiatan dari pada TNI, guna menunjang pembangunan di Mahulu.

Sementara itu, Kolonel Klemen Haposan Siahaan didampingi Kadim 0912 Kubar, Mayor Inf. Wahyudi mengatakan, tugas dari tentara ini adalah membantu rakyat, karena rakyat TNI kuat.

“ Kalau dulu di jaman perang rakyat membantu TNI, jaman sekarang sudah tidak ada perang ya tentara yang membantu rakyat,” kata Klemen HS.

Dikatakan Klemen HS, kalau waktu jaman perang dulu tentara sibuk bertempur dilapangan, dan masyarakat yang memebantu tentara dengan cara masak, menjahit dan sebagainya, dan saat ini dengan tidak adanya perang tentara lagi yang membantu rakyat melalui TMMD ini, dengan membukaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, terutama di bidang pertanian dan perkebunan.

Maka dari itu TMMD ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat dalam pembangunan, dengan melihat sasaran secara langsung apa saja yang akan di bangun oleh Kodim 0912 ini yang berguna bagi masyarakat.

“ Maka dari itu Saya di tugaskan langsung dari komando atas untuk meninjau pekerjaan TMMD Kodim 0912 di Mahulu ini,” ungkap Klemen HS.

Ia mengatakan, hasil dari tinjauan di lapangan ini akan disampaikan dan dilaporkan ke Korem maupun ke Kodam, dan apa saja yang menjadi kendala dilapangan dalam pekerjaan ini.

“ Pada pra TMMD ini target dari pada pekerjaan ini paling tidak sudah mencapai 40 persen sebelum pembukaan TMMD nanti pada (26/2) mendatang,” ungkapnya.

Kasdim Mayor Wahyudi menambahkan, untuk TMMD 104 Mahulu nanti Kodim 0912 akan menurunkan personil ke lapangan sekitar 150 orang personil TNI, terdiri dari personil 6.11 zipur sebanyak 11 orang, Armed 36 personil, kesehatan 11 personil, dan Kodim 0912 sebanyak 60 personil.

“ Dari tiga kegiatan TMMD ini adalah, pembukaan badan jalan, pembukaan lahan sawah, dan pembukaan lahan kolam ikan,” ungkap Wahyudi. (arf)

 110 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *