TPA AL-MANAR KHATAMAN AL QUR’AN ANGKATAN PERTAMA.

Indcyber.com, SEPAKU – Taman pendidikan Al qur’an (TPA) Al-Manar mengadakan khataman Al- Qur’an angkatan pertama minggu,(20/01/2019), di Masjid Attaqwa Desa Tengin Baru RT.15 Jl.Pelabuhan Kec.Sepaku Kab.PPU.

Mengkhatamkan Al-Qur’an merupakan sunnah Rasulullah saw. Hal ini tergambar dari hadits berikut: Dari Abdullah bin Amru bin Ash, beliau berkata, “Wahai Rasulullah saw., berapa lama aku sebaiknya membaca Al-Qur’an?” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam satu bulan.” Aku berkata lagi, “Sungguh aku mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam dua puluh hari.” Aku berkata lagi, “Aku masih mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah.” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam lima belas hari.” “Aku masih lebih mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah.” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam sepuluh hari.” Aku menjawab, “Aku masih lebih mampu lagi, wahai Rasulullah.” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam lima hari.” Aku menjawab, “Aku masih lebih mampu lagi, wahai Rasulullah.” Namun beliau tidak memberikan izin bagiku. (HR. Tirmidzi)

Sambutan: Ketua PBD Desa Tengin Baru Suharmono, H.Samiun Sapa, S.Pd Kepala TPA Al-Manar dan Ketua Panitia Supardi. Khtaman Al-Qur’an TPA AL-Manar. Minggu,(20/01/2019).

Dijelaskan ketua panitia Supardi “khataman Al-Qur’an kali ini bekerjasama dengan Irma (Ikatan Remaja Masjid) Masjid Attaqwa.”

“Khataman Al qur’an TPA Al-Manar ini adalah angkatan yang pertama, dengan jumlah peserta sebanyak 6 santri,” terangnya.

“Setelah acara khataman Al-Qur’an kemuadian dilajutkan pembagian ijazah. Dilakukan pula tradisi penyuapan nasi ketan (red:ketan) oleh kepala TPA terhadap peserta khataman, penyuapan ini dimaknai sebagai tanda kasih kepada peserta khataman,” jelasnya.

Prosesi Penyuapan Nasi Ketan, Sebagai Simbol Kasih Sayang Kepada Santri Oleh Mu’allim.

Ditambahkan oleh H.Samiun Sapa, S.Pd kepala TPA Al-Manar “Sesunggunya peran taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) sebagai lembaga pendidikan nonformal oleh karena itu sangat perlu sekali untuk dikembangkan dan dikelola dengan baik.”

Lanjutnya “Sebagaimana dengan sebuah lembaga pendidikan yang mendukung pindidikan formal di sekolah, tidak sekedar mendidik anak (santri) agar bisa membaca Al qur’an dengan baik dan benar, akan tetapi sangat perlu untuk dikembangkan pendidikan TPA ini agar santri dapat menjalani hidup secara islami,” ujarnya.

Kegiatan khataman Alqur’an dihadiri oleh Kepala Desa Tengin Baru Ahmad Mauladin, Ketua PBD Desa Tengin Baru Suharmono, Kepala Dusun lV Jalaluddin, Ketua RT.13 M.Arip, Ketua RT.14 Wiji lestari, Ketua RT.15 Nurdin
Ustadz M.Yasin (BHR)

 305 total views,  3 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *